Oleh: kareumbi | 6 Maret 2009

NEWSLETTER WALI POHON #1: Perkembangan Wali Pohon Masigit Kareumbi dan Jadwal

Logo Wali Pohon Masigit KareumbiNewsletter Wali Pohon #1
Submit date: 06/03/2009

Para Wali Pohon Yth,

Bersama surat ini kami menginformasikan perkembangan dan Jadwal Wali Pohon Masigit Kareumbi (WPMK) 2008/2009.

Pada tahun tanam 2008/2009 ini, program WPMK yang dibuka sejak bulan Desember 2008, telah menanam lebih kurang 10.500 (sepuluh ribu lima ratus) batang pohon yang terdiri atas 6 spesies tanaman hutan hujan tropis dengan luasan area yang tertanami mencapai lebih kurang 16 hektar.
Jumlah wali yang berasal dari individu telah mencapai lebih dari 1000 nama sedangkan sisanya adalah wali pohon yang berasal dari institusi, kelompok masyarakat atau korporasi.

Terima kasih kepada rekan-rekan dan para wali pohon yang telah berpartisipasi dan turut serta mendukung usaha-usaha pelestarian lingkungan.

Mengingat musim kemarau akan mulai menjelang, tahun tanam WPMK 2008/2009 ini akan ditutup pada tanggal 14 Maret 2009. Namun demikian, pendaftaran wali pohon tetap terbuka seperti biasa dengan sistem buking – jeda tanam. Jadwal penanaman berikutnya diperkirakan jatuh
pada bulan Oktober atau November 2009.

Kegiatan penyulaman secara bertahap telah mulai dilakukan terhadap pohon yang mati, demikian juga pendataan dan pemasangan papan nama.
Diharapkan pada awal April semua kegiatan tersebut telah selesai dan berlanjut pada pekerjaan ‘back office’ seperti kompilasi data, pemetaan, pengiriman sertifikat dijital dan pembuatan website.

Kegiatan di lapangan yang terus berjalan adalah kegiatan pemeliharaan rutin yang akan dilakukan oleh kelompok masyarakat tani di 2 RW dan 8 RT di kawasan desa Leuwiliang yang bersebelahan dengan area penanaman WPMK. Untuk tahun 2009 ini pemeliharaan sedianya akan dilakukan sebanyak 3x yaitu pada bulan Maret-April, Juni dan Oktober.

Kegiatan lain yang akan dilakukan oleh Program Konservasi Manajemen Pengelola Masigit Kareumbi adalah kegiatan pembibitan tanaman rimba yang rencananya akan menambah varian spesies bagi keperluan penanaman WPMK 2009/2010 yang akan datang. Selain bertujuan menambah keanekaragaman hayati sekaligus mengintroduksi multi purpose tree spesies lokal di area tersebut.

Untuk jadwal dan kegiatan pada bulan Maret 2009 yang sudah tercatat antara lain:

1. 5 maret 2009 – BNI – total 5500 pohon
2. 7 maret 2009 – Kardiologi RSHS/ PERKI Cab. Bandung, Fak. Kedokteran
UNPAD, PDW 1996, PT. Boogie Advindo, total ± 1.300 pohon.
3. 14 Maret 2009 – Sadagori SMA 5 total ± 100 pohon

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan kami ucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Semoga kesempatan berikutnya bisa lebih baik lagi.

Salam lestari.


Wali Pohon Masigit Kareumbi

a/n Dir. Program Konservasi
Manajemen Pengelola Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi
Jl. Kawista No. 26. Bandung, Jawa Barat, INDONESIA 40191
Ph/fax: +62 22 2502085
Email: kareumbi at gmail dot com
PS1: Email ini dikirimkan kepada setiap peserta program Wali Pohon yang alamat emailnya terdata. Apabila anda merasa tidak mengikuti program, mohon abaikan pesan ini.
PS2: Apabila anda merasa telah mendaftar sebagai wali pohon, namun tidak dikirimi newsletter ini secara langsung dari kareumbi @ gmail . com, mohon mengirimkan surat pada kami dengan subject email Subscribe dengan menyertakan NAMA PEMESAN saat anda melakukan
pendaftaran wali pohon. Apabila anda tidak menginginkan newsletter ini, kirim email dengan judul Unsubscribe.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: