Oleh: kareumbi | 26 Maret 2009

Instalasi Pico Hidro di Masigit Kareumbi #3

Skema Tipikal Hidroelektrik Dam

Skema Bendung Hidroelektrik (image courtesy usgs.gov)

Rabu, 25 Maret 2009

Pekerjaan fisik pembuatan intake, saluran alir dan bak turbin untuk pico hidro di Masigit Kareumbi sudah hampir selesai. Intake, saluran alir, bak turbin dan saluran buang sudah di plester, rapih sekali. Tiang untuk atap juga sudah di cor. Turbin model Open Flume OF-200ini adalah aseli made-in-bandung oleh Cihanjuang Inti Teknik. Turbin dengan kapasitas daya terbangkit 2kw tersebut sudah terbungkus plastik dan duduk manis di dalam bak. Pintu air dan sekat penyaring juga sudah ngepas di dalam celahnya. Wah mantap sekali.

Bak alir

Bangunan fisik pico hidro sedang di inspeksi🙂

Turbin OF 200 Cihanjuang Inti Teknik

Turbin OF 200 Cihanjuang Inti Teknik

Turbin dengan disain Open Flume adalah turbin yang digunakan pada kapasitas head rendah sampai dengan 6 meter.  Inilah disain turbin yang tepat untuk digunakan pada pembangkit listrik kapasitas kecil di daerah-daerah rural di Indonesia, saluran irigasi, sungai kecil ataupun pulau-pulau terpencil yang tidak memiliki daerah perbukitan namun sumber daya airnya melimpah.

Close-up Turbin Open Flume

Close-up Turbin Open Flume

Disain Turbin Open Flume

Disain Turbin Open Flume (image courtesy Cihanjuang Inti Teknik)

Tabel berikut memperlihatkan potensi dan kapasitas daya turbin jenis Open Flume (Sumber: Cihanjuang Inti Teknik)

TURBINE OPEN FLUME Ø 200

Tinggi Air (Meter)

Debit (lt/dtk)

Daya (Watt)

1

40

200

2

67

700

3

92

1.500

4

117

2.600

5

140

3.850

6

160

5.400

Turbin air sejatinya berperan untuk mengubah energi yang ada pada air (energi potensial, tekanan dan energi kinetik) menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros. Putaran poros turbin ini selanjutnya akan diubah oleh generator menjadi tenaga listrik.

Pada instalasi kali ini, generator yang digunakan adalah generator AC Syncronous yang memiliki kapasitas sampai 3kw.

Generator 3kw

Generator 3kw

Pekerjaan selanjutnya adalah:

  • Membenahi sayap bendung yang jebol
  • Membuat bronjong atau penguat untuk bendung
  • Membuat konstruksi pemecah arus dan bak penenang setelah bendung
  • Memasang atap rumah turbin
  • Membuat dan memasang controller (sedang dipesan)
  • Memasang Kwh meter dan display
  • Memasang jala-jala listrik, direncanakan sebanyak 20 titik lampu di sekitar area KW
  • Mencoba instalasi🙂

Wah, masih cukup panjang ya daftarnya. Memang membuat instalasi turbin air itu tidak mudah. Ada banyak variabel multi disiplin yang harus ikut diperhitungkan, terutama bila menyangkut konstruksi yang sudah ada.

Diskusi rancang bangun rumah turbin

Diskusi rancang bangun rumah turbin

Sekian jurnal #3.


Responses

  1. […] yang pada jurnal sebelumnya sudah terpasang untuk mengukur dan ngepas dudukan kemarin dibongkar untuk pengamanan dari air […]

  2. Berapa sich biaya yang diperlukan dalam merancang turbin trsbt???

  3. mas, harga generatornya berapa tuh yak…?, aku juga pengen mesan nih mas… belinya di mana…? tks

  4. asslkm wr wb. Pak saya mau nyari Turbin Open Flume dengan kapasitas terkecil, berapa daya dan harganya? klo open Flume 200 harganya berapa? makasih. Wasslkm wr wb.

    • Pak Okky, bisa coba kontak ke Yayasan Mandiri, Jalan Sabang No. 25. Bandung 40114. Phone: 62-22-4240310


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: