Oleh: kareumbi | 28 Mei 2011

Kemah Kerja Geodesi ITB 2011

Pada tanggal 26 Mei 2011 bertempat di “KW” Masigit Kareumbi telah dilangsungkan acara pembukaan acara kemah kerja mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institu Teknologi Bandung. Kegiatan kemah kerja yang merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Geodesi ITB ini terselenggara berkat kerjasama FITB ITB, Koperasi Wanadri dan Program Litbang Manajemen Kareumbi akan berlangsung sampai tanggal 5 Juni 2011.

Pada acara pembukaan tersebut dari pihak ITB telah hadir Kepala Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika Bapak Dr.Ir. Eka Djunarsjah, MT, sembilan puluh tujuh orang mahasiswa peserta kemah kerja 2011, dan sepuluh orang asisten dosen. Dari pihak warga masyarakat hadir Bapak Oom dan Bapak Idi selaku sesepuh kadusunan Leuwiliang. Kemudian dari Koperasi Wanadri diwakili oleh Bapak Irawan Marhadi yang juga merupakan alumnus Geodesi ITB angkatan 1974.

Sedangkan Mas Pradisi W. Sarjana hadir sebagai Direktur DIKLAT Kareumbi dan Kang Eddy Sinuraya mewakili pihak Manajemen Kareumbi. Tidak ketinggalan Kang Nanang Irwanto dari NTOTC-Wanadri mewakili tim Observer. Masalah kesehatan didukung penuh oleh tim Paramedis dari STIKES Dharma Husada Bandung serta tidak lupa juga kehadiran tim ground crew Kareumbi yang berasal dari pemuda-pemuda terpilih kadusunan Leuwiliang untuk melakukan pelayanan dan dukungan demi kelancaran acara.

Acara diawali dengan sambutan dari para pihak, disusul oleh do’a bersama yang dipimpin oleh Bapak Idi, kemudian simbolis penyerahan tumpeng dari Bapak Oom kepada Bapak Eka dan diakhir dengan santapan makan siang dari seluruh peserta yang hadir.

Rekan-rekan mahasiswa pada kegiatan ini akan melakukan pengukuran lahan di dalam kawasan seluas ± 25 hektar. Khusus mengenai kegiatan ini, Pak Eka menyebutnya sebagai “Kerja Profesional Mahasiswa Geodesi Yang Pertama”. Karena pada kegiatan ini para mahasiswa dihadapkan pada kondisi lahan dan lapangan sebenarnya yang diharapkan dapat menambah pengalaman dan jam terbang para mahasiswa selepas mereka lulus kuliah dan memasuki dunia profesional.

Kegiatan pengukuran topografi dan bathimetri dilakukan pada siang hari sedangkan pada malam hari, mahasiswa melakukan pengolahan data. Kegiatan ini rutin dilakukan mahasiswa setiap hari selama 2 minggu terus menerus di lapangan. Output dari kegiatan ini adalah peta topografi dengan skala 1:1000.

Manajemen Kareumbi juga menggandeng Lembaga Pendidikan NTOTC-Wanadri untuk melakukan observasi terhadap peserta kegiatan kemah kerja ini. Beberapa parameter yang di observasi adalah perlengkapan perorangan dan kelompok, standar keamanan kerja, dinamika kelompok dan parameter kepuasan konsumen dari pelayanan yang dilakukan oleh Manajemen Kawasan.
Diharapkan output dari kegiatan observasi ini merupakan sebuah dokumen yang dapat menjadi rujukan untuk kegiatan kemah kerja selanjutnya, juga sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk Manajemen Kareumbi sendiri.

Seluruh peserta pada kegiatan ini telah dicover oleh asuransi kecelakaan diri dari Asuransi Bumida.

Album foto kegiatan Kemah Kerja Geodesi 2011 di Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi

 

 

 

 


 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: