Oleh: kareumbi | 31 Mei 2011

Wali Pohon: Betako Merpati Putih

Pada tanggal 28 Mei di Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi berlangsung acara penanaman pohon dengan pola adopsi Wali Pohon dari pihak Betako (Beladiri Tangan Kosong) Merpati Putih cabang Bandung.

Rombongan perwakilan Merpati Putih berjumlah 12 orang yang dipimpin oleh Bapak Rido berangkat dari Jakarta dan tiba di lokasi sekitar pukul 10.30. Sesi perkenalan dan ngobrol-ngobrol dilanjutkan dengan santap siang dengan sajian sederhana dari Warung Kareumbi dengan menu nasi liwet, goreng ikan asin, sayur lodeh dan lalapan sambel yang disambut oleh para peserta.

Setelah acara santap siang, rombongan dipimpin oleh Kang Feby selaku wakil manajer pengelola kawasan berjalan kaki menuju lokasi plot penanaman pohon yang terletak di sebelah barat blok Tempo yang telah disiapkan sebelumnya.

30 pohon untuk simbolis penanaman dari total 500 pohon yang di adopsi telah disiapkan, lubang tanam dan pupuk dasar sudah berada di lokasi. Rombongan mendapatkan penjelasan singkat mengenai kondisi kawasan, dimana sekitar 600 hektar masih berupa lahan kosong yang perlu dikembalikan fungsinya sebagai hutan konservasi.

Kebetulan di tengah-tengah plot Merpati Putih terdapat mata air yang disebut Ranca oleh warga sekitar. Air dari solokan Ranca ini mengalir ke sungai Citarik. Diharapkan dengan penanaman berbagai jenis pohon di lokasi itu, mata air dapat terjaga dengan lebih baik.

Setelah acara penanaman selesai, rombongan kembali bergerak menuju basecamp KW dan beramah tamah serta berkeliling meninjau beberapa lokasi seperti camping ground dan rumah pohon. Sekira pukul 14.00 rombongan pun pulang kembali ke Jakarta disertai janji bahwa lain waktu pasti akan kembali lagi untuk menengok pohon-pohon asuhnya.

Terimakasih kepada Betako Merpati Putih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan untuk program Wali Pohon Masigit Kareumbi. Semoga apa yang telah kita mulai ini bermanfaat untuk bumi dan anak cucu kita dan mudah-mudahan kerjasama ini akan terus berlanjut dikemudian hari. Amin.

Album foto Wali Pohon.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: