Oleh: zeboth | 6 Februari 2012

WALI POHON : Gunma Safari Park

Gunma safari park adalah salah satu Taman Safari yang dimiliki oleh Negara Jepang dan menjadi Taman Safari pertama yang berada di Jepang Timur. Gunma Safari park yang berdiri sejak 1 Mei 1979 ini, telah menjalin kerjasama sister park dengan Taman Safari Indonesia pada tahun 2000.

Ditahun 2012 ini Gunma Safari Park memberikan donasi untuk mendukung Program Wali Pohon di Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi. Penyerahan tersebut berlangsung di Taman Safari Indonesia pada tanggal 3 Februari 2012. Penyerahan donasi secara simbolis dilakukan oleh Presiden Gunma Safari Park Mr.Kinihiko Takahashi yang didampingi oleh Direktur Taman Safari Indonesia. Di acara tersebut, seekor gajah Taman Safari Indonesia bernama Andesta (28 tahun) secara simbolis menyerahkan bibit pohon trembesi (Samania samman) kepada Direktur Gunma Safari Jepang Takahasi, selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Wanadri untuk ditanam di Taman Buru Masigit Kareumbi.

Pada kesempatan kali ini, Sabtu 4 Februari 2012,rombongan Gunma Safari Park berkunjung ke Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi yang didampingi oleh perwakilan KBRI Tokyo Bapak Andri Sumaryadi dan Direktur Taman Safari Indonesia yaitu Bapak Frans Manansang.


Turut hadir juga Kepala BBKSDA Jabar, Direktur Utama Pikiran Rakyat Ketua Corporate Forum for Development Chapter Jawa Barat (CFCD) dan tamu undangan lainnya. Rombongan berangkat dari Hotel Preanger di Bandung pukul 06.00 menggunakan minibus, di tengah perjalanan sekitar ± 12 Km sebelum menuju Kareumbi rombongan berganti kendaraan memakai Land Rover yang telah disiapkan karena jalan yang akan dilalui menuju tempat penanaman di Plaza Wali pohon belum beraspal.

Setibanya di Plaza Wali Pohon Masigit Kareumbi rombongan berhenti sejenak untuk menikmati sejuknya udara Masigit Kareumbi dan selanjutnya adalah acara penanaman.
Penanaman dilakukan oleh President Gunma Safari Park yaitu Mr.Kunihiko Takahashi dan istri yaitu Mrs. Fukuko Takahashi. Tidak terlewat acara pendokumentasian atau foto bersama di Plaza Wali Pohon. Setelah ± 30 menit rombongan kembali melanjutkan perjalanan karena waktu berkunjung rombongan yang sangat terbatas.

Setelah rombongan tiba di area Basecamp “KW” Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi, rombongan berjalan kaki menuju rumah pohon sekaligus meninjau fasilitas-fasilitas yang ada di Masigit Kareumbi. Sekitar ±10 menit berjalan kaki, rombongan tiba di area rumah pohon yang disambut oleh lengser dan musik tradisional Kareumbi yaitu Celempung Kareumbi. Alat musik Celempung Kareumbi semuanya berbahan dasar dari bambu. Sambil menikmati alunan musik khas Kareumbi, tidak tertinggal juga rombongan mencicipi makanan dan minuman khas kareumbi yaitu sampeu gula dan lahang.

Selanjutnya adalah acara sambutan dari Presiden Gunma Safari park. Beliau menyampaikan kesan-kesan kedatangannya ke Kareumbi dan beliau berkata kalau dalam bahasa Indonesia, Beliau ingin mencoba tidur di Rumah Pohon (sambil menunjuk salah satu Rumah Pohon) yang disambut senyum dari para undangan. Sambutan selanjutnya adalah dari pihak Taman Safari Indonesia oleh Bapak Frans Manansang. Lalu disambung sambutan dari pihak Kepala BBKSDA Jabar yaitu Bapak Rachman Sidik. Dan dilanjutkan ke acara sambutan dari pihak Manajemen oleh Kang Remi Tjahari yaitu ucapan terimakasih terutama kepada rombongan Gunma Safari Park yang sudah memberikan donasi pada saat acara simbolisnya dilakukan di Taman Safari Indonesia pada tanggal 3 Februari 2012 dan berterimakasih sudah menyempatkan berkunjung ke Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi.

Setelah itu dilanjutkan ke acara penyerahan sertifikat Wali Pohon yang terbuat dari kertas Daluang, penyematan PIN Wali Pohon oleh Duta Wali Pohon yaitu Ibu Nungky Irma Nurmala Pratikto dan dilanjutkan ke penyerahan souvenir dari pihak Manajemen kepada pihak Gunma Safari Park dan dari pihak Gunma Safari Park kepada Manajemen. 

Rombongan juga berkesempatan memainkan Karinding. Karena waktu berkunjung rombongan yang terbatas sehingga rombongan tidak dapat berlama-lama di Masigit-Kareumbi.

Sambil berjalan pulang, Mr. Takahasi berkata bahwa tahun depan dia ingin kesini lagi. Selamat jalan tim Gunma, dan terima kasih atas dukungan dan partisipasinya.

Album Foto Selengkapnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: