Oleh: zeboth | 26 Maret 2012

WALI POHON : PR dan Gubernur Jabar

Kareumbi Newsdesk, Bandung – Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dan Harian Umum Pikiran Rakyat menjalin hubungan kerja sama joint program dalam rangka mensosialisasikan gerakan tanam dan pelihara, Wali Pohon Masigit Kareumbi kepada khalayak lebih luas dan turut mendukung pula program “Langit Bersih” yang digagas oleh Pikiran Rakyat.

Bentuk dukungan ini dilakukan Pikiran Rakyat dengan membuka Dompet Peduli Pohon yang terbit setiap hari di surat kabar. Melalui Dompet Peduli Pohon ini pembaca Pikiran Rakyat dapat ikut berpartisipasi menghutankan kembali Kawasan Taman buru Masigit Kareumbi dengan menyisihkan uang sebesar Rp 50.000,- per pohon dengan masa jaminan garansi pemeliharaan selama 5 (lima) tahun. Meski hitungan per pohonnya itu Rp 50.000,- Dompet Peduli Pohon ini tidak menutup sumbangan di bawah jumlah ataupun jumlah yang tidak kelipatan Rp 50.000,-.

Dompet Peduli Pohon ini berlangsung selama kurang dari 4 minggu terhitung mulai 26 Februari 2012 sampai dengan 21 Maret 2012. Terlihat besarnya partisipasi dari masyarakat Jawa Barat, perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah sampai orang-orang yang berada di luar negeri. Dompet Peduli Pohon pun telah ditutup untuk musim tanam pertama tahun ini karena jumlahnya telah melebihi nilai yang ditargetkan pada saat awal direncanakan sebanyak 2.000 pohon.

Bapak Gubernur H.Ahmad Heryawan beserta istrinya Ibu Hj. Netty Prasetiyani ikut berpartisipasi dalam Dompet Peduli Pohon ini. Begitu pun Direktur Utama Harian Umum Pikiran Rakyat Bapak H.Joko Hendrarto dan Pimpinan Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat yaitu Bapak H.Budhiana Kartawijaya.

Pagi itu hari Jum’at 23 Maret 2012, pukul 09.00 wib cuaca cerah sekali, mentari bersinar menyinari pepohonan di Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi. Pagi ini juga Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi mendapat kunjungan dari Bapak Gubernur Jawa Barat untuk melakukan penanaman pohon di blok yang telah disediakan yaitu di area plot Pembaca Pikiran Rakyat. Karena plot tanam yang berada di atas bukit maka untuk menuju ke area tersebut harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan medan yang lumayan menanjak. Tanpa terlihat kelelahan, Gubernur dengan bersemangat naik ke atas bukit, diikuti oleh hadirin dan undangan lain yang telah menanti sejak pagi.

Setelah sampai di saung di atas bukit, Bapak Gubernur sambil menyantap hidangan jagung manis asli dari desa sekitar kawasan, Bapak Gubernur juga meninjau lahan kritis karena pada tahun 1998 – 2002 sempat terjadi penebangan pohon di kawasan tersebut oleh salah satu perusahaan swasta. Selanjutnya rangkaian acara pun dimulai.

Diawali dengan penyampaian laporan dari Pimpinan Redaksi PR, dari Wanadri dan dari Direktur Utama PR dan penyerahan sertifikat Wali Pohon sebagai tanda keikutsertaan pada program Wali Pohon. Selanjutnya penanaman pohon oleh Bapak Gubernur, Direktur Utama HU Pikiran Rakyat, Gubernur Rotary Club di Indonesia beserta beberapa anak-anak sekolah SMP 2 Cimanggung dari desa sekitar yang juga diikutsertakan untuk menanam pohon.

Acara pun dilanjutkan ke Basecamp KW, Bapak Gubernur Jawa Barat dan Bapak Direktur Utama HU Pikiran Rakyat mendapat kesempatan untuk menanam pohon kembali di Area Basecamp KW. Lalu meninjau fasilitas-fasilitas yang berada di Kawasan Taman Buru Masigit Kareumbi saat menuju Area Rumah Pohon. Tiba di Area Rumah Pohon, sebagai ucapan selamat datang dan salah satu ciri khas Kareumbi yaitu acara mapag tamu yang dilakukan oleh lengser dengan diiringi alunan Celempung Kareumbi. Kurang lengkap rasanya jika alunan Celempung Kareumbi tidak sambil menikmati makanan dan minuman khas Kareumbi yaitu sampeu gula dan air lahang disertai makanan-makanan tradisional lainnya seperti putri noong, putu mayang, awug dan lain-lain.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan paparan sekilas mengenai Kawasan Konservasi TBMK dari Manajemen yaitu oleh Kang Remi Tjahari. Dilanjutkan dengan sambutan dan kesan Bapak Gubernur Jawa Barat mengenai kunjungannya ke Taman Buru Masigit Kareumbi. Tidak lupa penyerahan souvenir kareumbi untuk Gubernur Jawa Barat, Direktur Utama HU Pikiran Rakyat, Pimpinan redaksi HU Pikiran Rakyat, Gubernur Rotary Club di Indonesia, Komandan Rayon Militer 0903 Cicalengka, Komandan Distrik Militer 0609 Kabupaten Bandung, Kepala kepolisian Sektor Cicalengka dan Bapak camat Cicalengka.

Rangkaian acara pun terus dilanjutkan, kini saatnya menyantap makan siang dengan hidangan menu Nasi, Sayur Lodeh, Tahu, Tempe, Ikan Mas dan menu spesial yang dihidangkan adalah beunteur goreng, parai goreng dan rebung atau biasanya disebut iwung. Kunjungan Gubernur Jawa Barat dalam rangka penanaman pohon Dompet Peduli Pohon atas kerjasama Wanadri dan Pikiran Rakyat ini tidak kalah menarik sampai tak terasa hari pun sudah siang. Acara pun ditutup dengan shalat jum’at di bawah rindangnya pohon rasamala dan puspa disekitar area pondok Ibrahim Adjie.

Terimakasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Direktur Utama HU Pikiran Rakyat, Pimpinan Redaksi HU Pikiran Rakyat, Ketua Umum Wanadri, Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Koramil 0903 Cicalengka, Kapolsek Cicalengka, Bapak camat Cicalengka, Pembaca HU Pikiran Rakyat dan seluruh yang telah mendukung dan ikut berpartisipasi dalam Program Wali Pohon Masigit Kareumbi. Sampai jumpa di kesempatan lain.

Album Foto Selengkapnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: