Oleh: kareumbi | 1 September 2012

WORKSHOP & LATBER KAREUMBI #1

Kareumbi Newsdesk, Bandung, Di penghujung bulan Agustus 2012, Tim Manajemen Kareumbi mengadakan kegiatan workshop dan latihan bersama. Workshop yang berlangsung dua hari dari tanggal 30 s/d 31 Agustus ini diselenggarakan atas kerjasama BBKSDA Jabar khususnya Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Soreang, Wanadri dan program konservasi Wali Pohon. Peserta yang terlibat tidak kurang dari 61 orang orang.

Empat materi, satu simulasi dan satu praktek lapangan dirangkum dalam kegiatan ini. Sesi pertama diisi oleh materi Pengantar Navigasi dan GPS yang dibawakan oleh Kang Arfan dari Wanadri, kemudian setelah makan siang bersama, dilanjutkan dengan materi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan oleh kang Agung dari Resort Kareumbi Barat. Hari pertama ditutup dengan materi Pengantar PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) yang dibawakan oleh Kang Ferry dari ISMAKES Jabar.

“Workshop ini kami selenggarakan selain sebagai silaturahmi setelah Hari Raya Iedul Fitri sekaligus juga diarahkan untuk menjadi media berbagi informasi”, demikian seperti diungkapkan Bapak Siswoyo, S.Hut yang menjabat sebagai Kepala SKW III Soreang. Siswoyo yang hadir bersama tidak kurang dari 15 personil gabungan personil Polisi Hutan dari 3 resort di Kareumbi (Timur, Barat  dan Selatan) serta resort Gunung Tilu. Lebih lanjut Siswoyo menandaskan bahwa kegiatan workshop ini diharapkan dapat diselenggarakan secara berkala dengan tambahan materi-materi lain maupun pendalaman materi yang sudah diberikan sebelumnya. “Polhut dalam tugas-tugas dan operasi lapangan sekarang telah dibekali dengan GPS, jadi diharapkan semua PolHut dapat mengenal dan menggunakan alat ini dengan baik, jangan hanya menjadi pajangan saja”, pungkasnya.

Sesi pada hari kedua diikuti oleh peserta dari PT. BUMN Hijau Lestari, warga Karang Taruna sekitar Basecamp Kareumbi, Pecinta Alam dari Cicalengka dan sekitarnya. Hadir pula Kapt. Inf. Ayat Priatna, Komandan Koramil 0903 Cicalengka untuk meninjau anggotanya yang juga turut terlibat dalam workshop ini.
Sesi pertama dimulai pukul 08.30 oleh materi Pemanduan Wisata yang dibawakan secara santai dan menarik oleh kang Galih Donikara dari Wanadri. Peserta dikenalkan dengan komponen dan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh para pemandu. Tidak lupa, Kang Galih juga menyisipkan sesi permainan menggunakan alat-alat sederhana yang menambah meriahnya acara. Materi pemanduan wisata ditutup sebelum shalat Jum’at dengan simulasi permainan outbound. Meski cukup berkeringat namun peserta terlihat sangat menikmati jalannya simulasi dan semakin saling mengenal antar mereka.

Materi selanjutnya mengenai praktek lapangan navigasi dengan bantuan GPS kembali dibawakan oleh Kang Arfan setelah shalat Jum’at. Disini para peserta kembali serius mengikuti sesi yang antar lain berisi simulasi plotting koordinat pada peta, marking waypoint, tracking dan trackback serta sight-n-go.

Sesi hari kedua pun ditutup pada pukul 17.00 dengan do’a dan foto bersama. Kang Darmanto sebagai wakil Tim Manajemen berharap mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat memetik manfaat dan lebih mendekatkan serta meningkatkan kepedulian para penggiat dengan hutan Kareumbi sekaligus semakin mengukuhkan citra Kareumbi sebagai kampus alam kita bersama. (cho)***

Terimakasih para peserta dan pemateri, sampai bertemu di kegiatan selanjutnya.

Album Foto Workshop & Latber Kareumbi #1


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: