Oleh: kareumbi | 17 Oktober 2012

Festival MTB Masigit Kareumbi 2012

“ Save The Trees, Ride a Bike…”

Pada tanggal 17-18 Desember 2011, pengelola Taman Buru Masigit Kareumbi – Cicalengka telah berhasil melaksanakan kegiatan Jambore Mountain Bike. Tujuan jambore tersebut adalah memperkenalkan Masigit Kareumbi Bike Park kepada seluruh penggiat Sepeda Gunung seluruh nusantara maupun atlet nasional Sepeda Gunung serta mensosialisasikan program penanaman pohon. Hasil dari acara tersebut antara lain:
1. Memperkenalkan track bersepeda baru yaitu Masigit Kareumbi Bike Park sebagai area melakukan kegiatan bersepeda Cross Country ( XC ) dan adventure track di dalam Hutan Gunung Kareumbi
2. Memperkenalkan MTB Trail dengan berbagai level track yang ada di dalam Hutan Gunung Kareumbi. (KW to KW) sepanjang 18 km.
3. Jambore MTB Indonesia tidak melulu menjadi ajang pertemuan para penggemar bersepeda gunung di Indonesia, tetapi juga mengajak mereka lebih mencintai alamnya. Untuk itu, para peserta akan menjadi Wali Pohon di Kawasan Konservasi Gunung Kareumbi.
Melihat besarnya animo masyarakat untuk bersepeda sambil ikut menanam pohon di areal Masigit Kareumbi, maka pihak manajemen Masigit Kareumbi kembali mengadakan Kegiatan Festival Mountain Bike Masigit Kareumbi 2012 dengan tema “Save The Trees..Ride a Bike”.


Kegiatan sepeda kali ini membawa misi utama kampanye penanaman pohon di kalangan penggiat sepeda gunung dan bakti sosial di lingkungan sekitar Taman Buru Masigit Kareumbi. Selain itu kegiatan ini juga di maksudkan untuk memperkenalkan beberapa track sepeda baru antara lain :
1. Launching Track Down hill sepanjang 2.4 Km
2. Launching Track cross country (All Mountain) Kareumbi – Citengah (Sumedang) Sepanjang 24 Km
3. Launching Track Cross Country (All mountain) Kareumbi – Nagrek Sepanjang 20 Km
4. Coaching clinic Down Hill
5. Perbaikan jalur XC Race untuk Kelas Junior, Senior, Women Open, Master A, Master B, dan Master C

Kegiatan:
Dengan konsep Festival, para peserta dapat mengikuti berbagai kegiatan, di antaranya launching track DH dan coaching clinic down hill, launching track XC Race beserta perlombaannya yang di bagi menjadi enam kelas pertandingan, dan program Wali Pohon.
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 197 orang. Dimana diantaranya berasal dari daerah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jambi. Hasil penanaman pohon dari para pesepeda maupun sponsor pun sejumlah 230 bibit pohon.

Misi Masigit Kareumbi Bike Park:
Memfasilitasi penggiat hobi sepeda gunung ini dengan membuat Mountain Bike Park terlengkap di Indonesia, yaitu mulai untuk jenis CrossCountry (XC), Down Hill ( DH ) hingga Adventure.
Kareumbi MTB Park akan secara rutin mengadakan event MTB Race tingkat nasional maupun internasional. Kawasan Masigit Kareumbi akan menjadi MTB Park terlengkap di Indonesia atau sebagai “One Stop Outdoor Activity”. Di Kawasan Masigit Kareumbi ini, selain kegiatan bersepeda pengunjung juga
dapat melalukan berbagai kegiatan luar ruang (outdoor) lainnya. Pengunjung juga dapat menjadi “Wali Pohon”—di mana mereka dapat menanam pohon di hutan tersebut dengan jaminan
pohon bisa tumbuh.
Kegiatan ini terselenggara tentu tak lepas dari dukungan berbagai pihak sponsor yaitu, Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga, PT. Star Energy, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk., PT. Disploy Indonesia, PT. Eigerindo MultiProduk Industri, Air Minum Al’ Ma’Soem,
Majalah Sepeda.

Salam Gowes..dan Salam Hijau…

Link:
Press Release Festival MTB Masigit Kareumbi 2012 (PDF)
Peta Masigit Kareumbi Bike Park


Responses

  1. Kareumbi adlh Kampus Alam Hutan Tropis yg menjadi milik berharga NKRI, negara bangsa yg terhampar sbg Zamrud Khatulistiwa. Adalah tugas kewajiban setiap warga bangsa utk KENALi & PAHAMi keberadaannya, dilandasi sikap yg hormat, agar segera dpt dicapai manfaat, yaitu hidup berdampingan saling menguntungkan. Wujud ultimate goal SEJAHTERA BERSAMA dlm skala lokal tentu akan berbuah kebanggaan secara nasional bahkan global, moga2…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: