Oleh: officetbmk | 24 Januari 2014

Wali Pohon Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad

Pagi itu adalah hari selasa ditanggal 21 Januari 2014, pagi yang diselimuti embun dan guyuran hujan. Sekitar jam 10 pagi para rombongan dari Fakultas Teknologi  Ilmu Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) baru saja datang. Para rombongan terdiri dari civitas akademika FTIP Unpad ini datang untuk melaksanakan penanaman bibit pohon yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Dies FTIP Unpad yang ke-8. “ Kegiatan ini adalah sebagai salah satu wujud kepedulian kami terhadap kelestarian lingkungan”. Ujar Dr. Mohamad Djali selaku ketua pelaksana kegiatan.

Foto Bersama

Ini adalah kali kedua bagi Rombongan FTIP melakukan penanaman pohon di Kareumbi, karena pada tahun 2012 Rombongan telah menanam 400 pohon. Kali ini FTIP menanam sekitar 280 pohon di Kareumbi, lalu akan menyusul tahun depan sebanyak 320 pohon sehingga menjadi 1000 pohon yang ditanam di Kareumbi.

Sambutan dari Manajer Kareumbi, Remi Tjahari

Rombongan disambut langsung oleh Manajer Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK), Remi Tjahari. Setelah pemeberian sambutan dan kata-kata pengantar dari Manajer Kareumbi rombongan bersiap menuju desa Cimulu yang merupakan desa terakhir di Kareumbi untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Para rombongan dibawa menuju Desa Cimulu dengan land rover. Antusiasme sangat terlihat dari wajah-wajah anggota rombongan FTIP Unpad karena kegiatan ini sangat jarang mereka lakukan sebelumnya.

Setiba di Cimulu rombongan dipandu menuju bukit FTIP melewati kebun sayuran milik warga. Walaupun kabut dan hujan mengiringi rombongan, tapi tidak menyurutkan semangat para rombongan menuju bukit. Sesampainya di bukit rombongan istirahat dan berfoto bersama di depan plang bukit FTIP setelah itu rombongan berpindah untuk menanam pohon. Penanaman ini dipandu oleh Abah Ayud yang merupakan mandor besar di Program Konservasi Kareumbi.

Selain melaksanakan penanaman pohon secara langsung, rombongan juga ingin melihat potensi pertanian yang ada di wilayah Kareumbi. Kegiatan ini yang kemudian akan ditindak lanjuti bekerjasama dengan warga dan manajemen Kareumbi sebagai salah satu upaya peningkatan komoditas pertanian Kareumbi. Salah satunya adalah pengolahan tomat menjadi saus tomat. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk meningkatkan kegiatan wirausaha bagi masyarakat sekitar Kareumbi.

Setelah melakukan penanaman rombongan dipandu menuju rumah warga di Cimulu untuk menyantap makan siang. Makan siang hari itu disajikan dengan menu tradisional dan sederhana yang dimasak oleh sang empunya rumah. Rombongan menikmati makan siang dengan ditemani hujan tetapi suasana menjadi hangat dengan keakraban diantara para anggota rombongan.

Selesai makan siang, perwakilan rombongan menerima sertifikat wali pohon yang diwakili oleh ketua pelaksana Dies FTIP ke- 8 yaitu Dr. Mohamad Djali. “ Semoga pohon yang kami tanam hari ini akan bermanfaat di masa mendatang” ujarnya. Kegiatan hari itu diakhiri dengan kata-kata penutup dari perwakilan rombongan, dan Manajer Kareumbi.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: