Oleh: officetbmk | 16 September 2014

1000 Pohon Ditanam Lions Club Di Kareumbi

          Kareumbi – Lions Club Indonesia telah menanam 1000 pohon di Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi pada hari minggu (14/09). Lions Club adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang didirikan pada tahun 1968 di Oak Brook, Illinois USA atas gagasan Melvin Jones, seorang agen perusahaan asuransi yang bertujuan untuk mempersatukan diri mengabdi pada tugas-tugas kemanusiaan tanpa mempersoalkan politik, agama, kebangsaan dan kepentingan pribadi para anggotanya. Lions Club Indonesia sendiri lahir pada tanggal 18 November 1969. Kini, kurang lebih tercatat 5500 anggota dari empat distrik yang terdiri dari sejumlah club-club yang tersebar di banyak kota-kota di Indonesia. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan partisipasi Lions Club Indonesia untuk program wali pohon di Kareumbi. Dengan tujuan untuk menghijaukan kembali area yang pernah menjadi sasaran pembalakan hutan secara liar.

Album Selengkapnya

 

         

Penyerahan Sertifikat Wali Pohon Dari Duta Wali Pohon Kepada Ibu Dani Bustanil Arifin

         Rombongan Lions Club tiba di Kareumbi sekitar jam 11.00 wib. Rombongan disambut dengan musik tradiosional sunda dan makanan khas desa setempat yang mungkin jarang mereka temui di daerahnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin atau Ibu Dani, beliau sebelumnya telah memberikan rusa kepada negara yang dititipkan di Kareumbi dalam rangka mendukung program pemulihan habitat rusa.

          Sambil menikmati makanan pembuka Ibu Nungky Irma Praktiko atau biasa disapa Mba Nungky ini membuka acara dengan menyapa setiap peserta yang hadir. Mba Nungky mempersilahkan Kang Echo sebagai pihak manajemen pengelola Kareumbi untuk memberikan sambutan. Kemudian dilanjutkan oleh perwakilan dari pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat. Setelah itu, Bapak Efendi Halim yang merupakan Gubernur Distrik 307-A1 Lions Club memberikan sambutan tentang acara ini.

          Sebagai tanda telah berpartisipasi dalam program wali pohon, maka setiap perwakilan distrik disematkan pin wali pohon dan menerima sertifikat wali pohon oleh Duta Wali Pohon yaitu Mba Nungky. Kemudian rombongan diajak menuju Camping Ground A untuk melakukan sesi penanaman pohon secara simbolis. Di sana Rombongan sudah disediakan lubang untuk menyimpan bibit pohon yang akan ditanam dengan sebuah plang nama yang menjadi tanda siapa yang menanamnya. Selesai melakukan penanaman, peserta berkumpul sembari membentangkan spanduk kegiatan penanaman 1000 pohon dan melakukan foto bersama.

Foto Bersama

          Selesai berfoto bersama, peserta kemudian diarahkan menuju Aula Wisma untuk menyantap makan siang. Makanan yang disuguhkan adalah makanan khas sunda dan disajikan oleh warga lokal yang turut membantu dalam kegiatan ini. Selesai makan siang, sekitar jam 14.00 peserta bersiap untuk meninggalkan Kareumbi setelah berpamitan dengan pihak manajemen dan warga lokal yang turut serta dalam kegiatan ini.

Bandung, 16 September 2014

Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: