Oleh: officetbmk | 13 Februari 2015

Menanam Pohon Bersama Peserta IS-CAPS , IS-DEC 2015

Sabtu (31/1), Kareumbi telah kedatangan tamu dari peserta International Student Joint Capstone Desain Project (IS-CAPS) dan International Student Multidisciplinary Desain Camp (IS-DEC) sekitar 90 orang yang tediri dari 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Korea Selatan.  Ini merupakan sebuah kompetisi desain produk yang diadakan atas kerjasama beberapa universitas di tiga negara tersebut, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dan Chonbuk National University. Pada kompetisi ini peserta ditantang untuk bekerjasama mancari ide, merancang dan membuat prototipe suatu produk sesua tema yang diberikan oleh juri. Program ini melibatkan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu rekayasa dan desain produk.

Foto Di Rumah Pohon, Kareumbi

Setelah beberapa hari peserta diberikan materi seputar program ini, kemarin di Kareumbi peserta diajak menghirup udara bebas polusi dan menikmati pemandangan alam yang jarang terlihat di kota-kota besar. Peserta pun diajak menikmati makanan khas daerah sekitar kawasan yang tidak akan mereka temui di negara asal mereka.

“What is this? It’s so weird drink but have delicious  taste” ujar salah seorang peserta asal Korea Selatan saat mencoba lahang (minuman trasional yang berasal dari pohon aren. Red).

Kemudian, acara dibuka oleh sambutan dari beberapa dosen pembimbing dari setiap universitas dan dari manajemen Kareumbi. Setelah itu peserta diajak menuju lokasi penanaman pohon, lokasi yang terletak di sebelah area penangkaran rusa mengharuskan peserta untuk berjalan menyusuri semak belukar selama perjalanan. Setibanya di tempat penanaman terlihat antuasiasme peserta saat dibimbing untuk menanam pohon mereka sendiri yang kemudian akan dirawat selama tiga tahun oleh pihak manajemen Kareumbi.

Selesai menanam pohon para peserta diajak trekking menuju rumah pohon dan dilanjutkan melakukan games bersama fasilitator yang siap memandu acara siang itu. Awalnya peserta kurang begitu antusias dengan games yang diarahkan karena peserta terlihat kelelahan setelah berjalan cukup jauh namun semua kelelahan itu hilang ketika games sudah berjalan selama lebih kurang 10 menit. Peserta mulai menikmati semua arahan dari fasilitator selama games berlangsung. Games ini juga bertujuan memupuk kerjasama dan menjalin keakraban antar pesertanya yang terdiri dari negara yang berbeda dan ini sangat berguna saat peserta menjalani program ini hingga selesai.

Acara berakhir sekita jam 15.00, karena mengingat peserta akan menjalani aktifitas kembali setelah dari Kareumbi. Peserta diarahkan menuju kendaraan yang akan ditumpangi peserta menuju tempat mereka istirahat. Setelah beramah tamah kepada manajemen, rombongan panitia, dosen dan peserta berpamitan pulang dengan keceriaan dan kegembiraan.

Untuk melihat album kegiatan klik di sini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: