Oleh: officetbmk | 27 Februari 2015

Pustaka Tropis Wanadri – Bermain Sambil Belajar Di Alam Terbuka

Pada fitrahnya manusia memiliki rasa ingin tahu melebihi makhluk lainnya karena manusia di berikan akal fikiran. Itulah yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Akal memberikan dorongan untuk memberikan rasa ingin tahu terhadap apa yang dilihat dan dirasakan oleh anggota tubuh lainnya, itulah mengapa manusia selalu ingin mempelajari hal-hal baru. Sekarang ini, belajar tidak hanya terbatas duduk di bangku sekolah dengan memperhatikan guru yang sedang menerangkan semua pelajaran yang diberikan. Namun sekarang, belajar definisinya sudah semakin luas dengan tidak terbatasnya ruang dan waktu.

Alam juga memberikan hal-hal menarik untuk dipelajari siapapun yang haus akan ilmu pengetahuan. Alam juga memberikan pengalaman yang lebih dibandingkan dengan hanya sekedar duduk dalam satu ruangan.  Kareumbi sebagai kawasan konservasi yang memiliki keanekaragaman hayati dan kearifan lokal di dalamnya, dan dianggap mampu memberikan pengalaman baru para peminatnya. Itulah yang menjadi salah satu alasan para rombongan dari Pustaka Tropis Wanadri  (Pustrop) mengunjungi kareumbi.

Para rombongan terdiri dari macam-macam kampus, suku, negara dan profesi ini rata-rata adalah member dari Pustrop, namun ada juga yang belum menjadi member dan diajak oleh temannya yang sudah menjadi member dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dieselenggarakan untuk kedua kalinya dan rencananya akan diadakan berkala namun dengan tempat yang berbeda. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahim bagi para bagian dari Pustrop.

Rombongan tiba di Kareumbi dan langsung menuju area Ibrahim Adjie untuk beristirahat dan berteduh. Rencananya rombongan akan menginap selama 2 hari 1 malam di Kareumbi. Selain untuk refreshing peserta juga diberikan materi-materi hidup di alam bebas dan materi pendukung lainnya. Peserta juga dibekali sebuah buku catatan untuk mencatat setiap kegiatan yang dilakukan selama di Kareumbi. Yang menarik disini, setelah kegiatan usai peserta diharuskan menulis sebuah artikel pengalaman mereka selama berkegiatan di Kareumbi lalu akan dikumpulkan kepada panitia dengan waktu yang telah disepakati.

“Lagi dikasih materi juga kayak gak lagi belajar kalo suasannya kayak gini. Ini mah berasa piknik, padahal daritadi saya sudah belajar macam-macam hal. Terus kalo belajar di alam bebas otak lebih fresh. Selain itu keakraban lebih erat terjalin satu sama lain, padahal ada yang baru kenal tapi berasa udah kenal lama. Hahahaha…” Ujar salah seorang peserta.

Bandung, 26 Februari 2015

Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: