Oleh: officetbmk | 30 April 2015

Bersepeda Ke Kareumbi Bersama Motekar MTB Club

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya ini. Hari bumi diperingati sebagai dukungan untuk menjaga kelestarian bumi sebagai rumah bagi kita semua. Itu juga yang dilakukan oleh salah satu club sepeda di Kota Bandung yaitu, Motekar MTB Club. Untuk memperingati Hari Bumi sekaligus “1’st Anniversary” Komunitas Sepeda “MOTEKAR MTB CLUB” pada hari minggu (26/04) kemarin telah dilaksanakan acara touring sepeda Bandung-Kareumbi dan penanaman pohon di Kareumbi.

Lebih dari 100 orang pesepeda datang ke Kareumbi dalam rangkaiang kegiatan ini. Para peserta kegiatan berkumpul di Surapati Core sebagai start point untuk memulai perjalanan sepeda menuju Kareumbi. Para peserta datang sekitar jam 10 siang. Namun peserta tidak datang berbarengan karena jalur yang cukup jauh membuat rombongan banyak yang terpisah, dan juga adanya pasar kaget hari minggu dalam perjalanan membuat perjalanan peserta sedikit terhambat dalam perjalanan. Jalur yang yang ditempuh lebih kurang 40 KM, jadi total jarang yang ditempug peserta lebih kurang 80KM.

Setibanya di Kareumbi peserta disambut makanan pembuka yang sudah dihidangkan di meeting point yaitu Aula Wisma Kareumbi yang letaknya berada di area depan setelah gerbang masuk Kareumbi. Makanan dan minuman yang dihidangkan adalah  makanan dan minuman tradisional khas setempat seperti putu mayang, lejet gula, lahang atau minuman dari pohon aren dan masih banyak lainnya. Beberapa peserta bahkan ada yang baru mencoba makanan tersebut dan menjadikannya pengalaman yang menarik karena makanan seperti ini jarang ditemui di kota besar.

Selesai beristirahat para pesepeda ini berkumpul untuk memulai acara dengan sambutan dari perwakilan manajemen dan pembagian sertifikat kepada setiap perwakilan club  yang kemudian dilanjutkan tanam simbolis. Peserta dipandu oleh perwakilan manajemen menuju area penanaman simbolis ini yang tidak jauh dari tempat pertama. Di sini perserta diberikan edukasi tentang cara menanaman dan sistem penanaman yang dilakukan di Kareumbi. Dan para peserta tampak begitu antusias dalam melakukan penanaman ini. Pada kesempatan kali ini, jumlah pohon yang ditanam adalah 135 pohon yang ditanam oleh MOTEKAR MTB CLUB yang kemungkinan akan bertambah jumlahnya.

“Kami dari Bandung sampai ke Kareumbi, bersepeda sejauh kurang lebih 40km, jadi total pulang pergi 80 km. Tidak seluruh pesepeda adalah  anggota Motekar, namun ada perwakilan dari komunitas lain seperti Terjal, Fajar Goes, Booster, Indego, TCC Telkom, Panser Pindad” ucap Haris, yang juga merupakan ketua MOTEKAR MTB CLUB.

“Tadi bahkan di Cibiru, telah bergabung juga  komunitas CGB serta beberapa pesepeda lain” tambah nya.

Kemudian peserta diajak berkeliling kawasan Kareumbi menuju camping ground, rumah pohon yang menjadi trademark di sini dan beberapa fasilitas lainnya. Di rumah pohon peserta mengabadikan poto mereka di beberapa spot yang dianggap menarik sebagai kenang-kenangan karena telah berkunjung di Kareumbi. Walopun ada beberapa peserta yang sudah pernah mengunjungi Kareumbi namun tidak mengurangi antusiasme peserta dalam berfoto.

Setelah itu, peserta kembali ke Aula Wisma untuk melaksanakan shalat dzuhur dan makan siang bersama yang menjadi acara puncak siang itu. Kemudian para peserta bersiap menggoes sepedanya kembali menuju Bandung dan membawa cerita menarik di masing-masing benak peserta.

Penulis : Haris Irnawan

Editor : Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: