Oleh: officetbmk | 22 Mei 2015

Bersepeda dan Menanam Pohon Bersama Paguyuban ITB 89

Kegiatan berkumpul dan melakukan kegiatan bersama teman-teman dekat merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan yang sering menimpa masyarakat kota. Banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan bersama seperti bersepeda bersama. Inilah yang dilakukan oleh salah satu komunitas yang tergabung dalam “Paguyuban ITB 89” di Kareumbi kemarin (16/05). Komunitas yang terbentuk dari teman seangkatan salah satu perguruan tinggi di Bandung ini mengadakan kegiatan bersepeda bersama sekaligus melaksanakan kegiatan penanaman pohon di Kareumbi. Lebih dari 150 pohon akan ditanam atas nama “Paguyuban ITB 89” ini.  Antusiasme tak hanya datang dari anggota paguyuban, tapi juga menular pada anak-anak mereka yang ikut serta dalam kegiatan bersepda dan penanaman pohon.

Sekitar jam 12.30 WIB para rombongan mulai datang satu persatu di Kareumbi, dikarenakan kemampuan dan start dalam bersepeda berbeda setiap pesertanya sehingga peserta tidak datang dalam waktu yang bersamaan. Sembari menunggu peserta yang lain datang, peserta yang baru datang disambut dengan makanan dan minuman tradisional khas setempat. Ada lahang atau air nira, teh manis, lejet gula, sampeu gula, putu mayang dll tersaji di meja untuk siap disantap oleh para peserta yang kelelahan seusai bersepeda.

“Dari kemarin udah ngebayangin pas datang ke Kareumbi, capek naek sepeda terus minum air nira ini. Segeeeerrr !!” seru Yanti, salah seorang peserta kegiatan. Air nira atau lahang ini adalah minuman yang berasal dari pohon aren lalu dimasukan ke dalam bambu dan siap disajikan. Lahang termasuk minuman tradisional dan jarang ditemui di kota-kota besar dan setiap kota di Indonesia memiliki rasa khas dan nama sebutan yang berbeda-beda.

Setelah semua peserta datang, peserta berkumpul untuk sambutan dari manajemen dan penyerahan sertifikat. Diselang makan siang bersama, lalu peserta diajak keliling kawasan untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ada di Kareumbi. Banyak diantara mereka mengabadikan momen-momen kebersamaan ini, apalagi suasana alam yang terasa kental dan udara yang masih sejuk membuat peserta merasakan sensasi berbeda.

Sebelum menuju tempat berkumpul selanjutnya, peserta diajak untuk menanam pohon secara simbolis di area belakang kantin. Sebanyak 30 pohon ditanam simbolis pada hari itu, ini juga merupakan ajang untuk mengedukasi peserta dalam tata cara menanam pohon yang baik dan memberikan informasi mengenai kawasan Kareumbi.

Selesai menanam peserta diajak ke area penangkaran rusa yang terletak tak jauh dari tempat sebelumnya. Cukup berjalan lebih kurang 5 menit peserta sudah sampai di area penangkaran. Di area ini peserta diberikan informasi kegiatan seperti apa saja yang dilakukan manajemen dalam mengelola penangkaran ini. Mulai dari merawat rusa hingga menyediakan makananan untuk rusa itu sendiri.

Sekitar jam 3.oo WIB peserta selesai melaksanakan kegiatan secara keseluruhan. Setelah berpamitan, peserta bersiap meninggalkan kawasan dengan membawa cerita dan kenangan ke rumah masing-masing.

Bandung, 17 Mei 2015

Penulis : Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: