Oleh: officetbmk | 26 Juni 2015

Tahun Ke-5 KKGD ITB Yang Diadakan Di Kareumbi

Sejak tanggal 17 hingga 31 Mei kemarin telah dilaksanakan Kemah Kerja Geodesi Institut Teknologi Bandung (KKGD ITB) 2015 di Kareumbi. Ini merupakan tahun ke-lima kegiatan Kemah Kerja yang dilaksanakan di Kareumbi, dan menjadi sebuah penghargaan tersendiri bagi pihak manajemen Kareumbi sebagai pengelola kawasan karena telah dipercaya untuk menyediakan fasilitas yang menunjang kegiatan Kemah Kerja Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara pihak ITB (Fakultas Geodesi dan Geomatika) dan Koperasi Wanadri sebagai penyelenggara. Peserta kegiatan Kemah Kerja tahun ini adalah 118 orang mahasiswa yang tergabung dari Mahasiswa Fakultas Geodesi dan Geomatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Mahasiswa Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sumatra (ITERA).

Mahasiswa yang menjadi peserta kegiatan adalah mahasiswa yang sudah menginjak semester VI dalam perkuliahannya. Kemah kerja adalah kegiatan lapangan atau mata kuliah lapangan yang merupakan pengamplikasian di lapangan dari ilmu-ilmu yang dipelajari di bangku kuliah selama 5 semester. Dan tugas yang diberikan kepada para mahasiswa ini adalah mengambil data dari lapangan yang kemudian diolah dan hasil akhir dari pengolahan data ini adalah sebuah peta kawasan.

“Kegiatan KKGD ini adalah mata kuliah lapangan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan di 5 semester. Dan kegiatan yang dilakukan selama dua minggu ini mengambil data dan mengolahnya yang nantinya data tersebut menjadi sebuah peta. Untuk waktu kegiatan kami memilih di waktu liburan perkuliahan agar tidak mengganggu jadwal-jadwal yang lainnya” ujar Ir. Agus Soedomo, MS, selaku dosen pembimbing kegiatan Kemah Kerja.

Dalam persiapannya, mahasiswa ditunjuk sebagai panitia pelaksana kegiatan di lapangan. Mulai dari persiapan logistik hingga schedule acara selama dua minggu. Menurut Andhika selaku koordinator lapangan, meskipun banyak kendala dan terjadinya kesalahan di lapangan tapi tidak menyurutkan semangat panitia dalam mempersiapkan acara ini. Namun secara keseluruhan acara ini berjalan dengan baik dan lancar.

Dan ada yang menarik dari Kemah Kerja tahun ini dan tidak ada di Kemah Kerja tahun sebelumnya, yaitu adanya materi leadership dan prakter menembak yang diberikan oleh Letnan Jenderal TNI (Mar) Muhammad Alfan Baharudin, yang merupakan mantan ketua Badan Sar Nasional (BASARNAS).  Materi leadership ini diberikan untuk memotivasi kawula muda sebagai calon pemimpin di masa mendatang dan juga sebagai leader bagi diri sendiri.

Kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ini di tutup dengan hiburan khas daerah setempat yaitu Celempung. Celempung adalah grup musik tradisional yang semua alat musik yang digunakan terbuat dari bambu. Seluruh peserta kegiatan tampak antusias dan larut dalam kegiatan penutup malam itu. Keesokan harinya peserta kegiatan bersiap untuk pulang dan melanjutkan kegiatan seperti biasanya.

Album Foto Selengkapnya 

Bandung, 15 Juni 2015

Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: