Oleh: officetbmk | 29 Juli 2016

Liburan Keluarga Di Kareumbi

Liburan sekolah yang jatuh pada bulan juni ini, biasanya dijadikan ajang berpiknik dengan mengisi waktu luang bersama keluarga. Salah satunya, rombongan keluarga yang dikomandani oleh Ibu Agustini ini berinisiatif untuk mengajak keluarganya berpiknik di Kareumbi pada tanggal 20-21 Juni kemarin. Sekitar 32 orang yang terdiri atas orang dewasa, anak-anak dan batita ini tiba di Cicalengka dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bus pariwisata. Untuk merasakan sensasi yang berbeda rombongan memilih menggunakan truk tentara menuju kareumbi, namun ada sebagian dari rombongan yang tetap menggunakan kendaraan pribadi. Pemilihan Kareumbi sebagai destinasi liburan rombongan keluarga ini bukan tanpa alasan, dengan mengajak keluarga ke kareumbi tidak hanya untuk piknik tetapi sembari mengajarkan anak-anak mereka merasakan hidup di alam bebas untuk beberapa waktu.

“Di Kareumbi anak-anak bisa agak sedikit menjauh dari gadget, lebih dekat dengan alam dan belajar menanam pohon. Itu alasan kenapa kita memilih Kareumbi sebagai tujuan berlibur anak-anak” ujar salah seorang ibu dari rombongan.

Setibanya di lokasi rombongan dipandu menuju rumah pohon untuk beristirahat dan menyimpan barang pribadinya. Tiba di area rumah pohon rombongan beristirahat dan bersantai dengan caranya masing-masing, ada yang berfoto mengabadikan kebersamaan dan ada pula yang berjalan-jalan di dekitar area. Karena banyaknya anak-anak, area rumah pohon menjadi lebih ramai dengan anak-anak yang aktif berlarian dan berlalu lalang kesana kemari.

Menjelang malam para kru sudah menyiapkan makan malam di area makan, romobonganpun dipersilahkan menyantap hidangan yang sudah tersaji tadi. Setelah menyantap makan malam, peserta kegiatan diajak untuk berBBQ ria dengan jagung bakar yang sudah disediakan. Anak-anak begitu antusias ketika membakar jagung, tapi tetap diawasi oleh para orang tua mereka. Sekitar jam 10 malam, peserta kegiatan bersiap kembali ke rumah pohon masing-masing untuk beristirahat.

Besoknya para keluarga ini diajak untuk berhiking ria mengelilingi kawasan Kareumbi setelah sarapan di rumah pohon. Anak-anak begitu antusias dengan acara hiking ini, berbeda dengan para orang tua yang cukup kewalahan mengawasi anak-anak mereka. Selesai berkeliling kawasan, guide mengajak rombongan keluarga mengunjungi penangkaran rusa yang masih berada di dalam kawasan. Anak-anak diajak memberi makan rusa dengan rumput yang sudah disiapkan oleh kru.

Selesai memberi makan rusa, rombongan diajak ke area penanaman simbolis yang tak jauh dari area penangkaran rusa untuk menanam pohon. Bibit pohon dan lubang tanam disiapkan bagi setiap anak yang ikut dalam acara ini. Sebelumnya telah diberikan edukasi cara menanam dan pentingnya menjaga lingkungan dari kru kami kepada anak-anak dan orang tua, hal ini dimaksudkan agar dengan penjelasan ini anak-anak sebagai generasi penerus dapat lebih menjaga lingkungannya sebagai aset kehidupan dimasa mendatang.

Dikarena hari sudah mulai terik, selesai acara penanaman rombongan bersiap untuk pulang dan beraktifitas di kediaman masing-masing dengan membawa pengalaman baru dari Kareumbi.


Responses

  1. Maaf ini bukan komentar, tetapi pertanyaan.
    Tahun lalu melalui AMA Bandung saya ikut jadi Walipohon untuk 20 pohon.
    Tetapi belum pernah terima sertifikat.
    Bagaimana mendapatkannya ?
    Rahayu Dewintosasi / Rizka Irawan

    • Terimakasih atas tanggapan dan dukungannya pada program Wali Pohon Masigit Kareumbi.

      Untuk grup Walipohon a/n AMA Bandung, sertifikat sudah disampaikan kepada Koordinator Grupnya. Mungkin dapat ditanyakan langsung. Dan setelah kami cek di database, nama ibu/bapak sudah tercantum dalam database.
      Kami akan SMS dan emailkan nomor sertifikatnya agar ibu/bapak dapat login ke http://walipohon.tbmk.org untuk mengunduh sertifikat dan mencetaknya sendiri apabila dibutuhkan.

      Apabila ada hal lain dapat menghubungi email: walipohon at tbmk.org atau telepon+ 62 22 2502085 pada jam kerja.

      Terimakasih dan Salam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: