Oleh: kareumbi | 1 Agustus 2016

Perkembangan Wali Pohon Masigit Kareumbi 2016 #1

Kami sampaikan sirkulasi informasi perkembangan program tahun 2016, sebagai berikut:

1. Peta Tanam

Kami telah memperbaharui peta plot tanam. Peta dapat diakses melalui website Walipohon di http://walipohon.tbmk.org atau direct link di:

https://www.google.com/maps/d/embed?mid=16aeukP9N7-PjcwnInxM5DqASdHU

Para Wali sekalian dapat memeriksa & mencari lokasi plot tanam masing-masing dengan meng-klik icon daftar plot di pojok kiri atas. Selain itu lokasi, kita juga dapat melihat jumlah pohon yang diadopsi dan luasan tanam.

2. Pemeliharaan Pohon

Ki-Ka: Pembersihan jaluran tanam, Pembersihan lorong jalur, Aplikasi mulsa

Saat ini di lapangan sedang berlangsung pemeliharaan pohon tengah tahun. Pekerjaan ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu memelihara lorong tanaman, menyiangi tanaman dari gulma, dan menggunakan hasil penyiangan untuk dimulsakan di sekeliling pohon.
Plot tanam yang dilakukan pemeliharaan adalah dari Musim Tanam (MT) 2015-2016, 2014-2015, dan 2013-2014 serta beberapa plot di MT 2011-2013 yang membutuhkan pemeliharaan. Jumlah plot yang dipelihara sejumlah 61 plot, dengan jumlah pohon mencapai 107.800 batang.
Pekerjaan sudah berlangsung setiap hari sejak tanggal 2 Juni (02/06) yang lalu dan diperkirakan akan selesai dalam 2-3 minggu kedepan.
Setiap hari, pekerjaan dilakukan oleh warga desa sekitar hutan terdiri dari 2 desa, yaitu Ds. Tanjungwangi dan Ds. Sindulang serta kampung-kampung sekitar. Jumlah warga yang terlibat mencapai lebih dari 80 orang.

3. Galeri Foto
Kami juga secara rutin mengunggah (uploading) foto-foto plot tanam ke galeri online yang dapat di akses di:

https://picasaweb.google.com/118098035182468941320/

Beberapa plot tanam yang telah kami perbaharui diantaranya adalah:
Wali 8, KPP-PA, UNPAR FE-82, PT. FNI, KELUARGA DRAJAT KUSWARA, YASMA, BUKIT MURIA JAYA, Pertamina 16, WALI 7, Forum Hijau Bandung, EKEK 19 YON I ITB, Pertamina 9, Gereja Kristen Indonesia, HMH Selva ITB, Synergy 3, Sekar Telkom, Pertamina 4, Pertamina 8, Pertamina 15, ITB 75 Green, TIANG 75, FTIP 3, Motekar MTB Club, Bank Mandiri, Republika, Unilever, Festival MTB 2012, ITB 88, PUSRI Palembang, Wali 6, Keuskupan Bandung, PMB, SMA 3 Jakarta, STP Bandung, IWABRI, Wali 9, Linda Goutama, STIE Ekuitas, SMA Madania, AMA Bandung, ITB 89, BFF BDN85, dan G-Trust.

Untuk para Wali diatas, sudah dapat melihat perkembangan pohon melalui galeri foto diatas. Foto-foto dari plot lain menyusul seiring dengan dilakukannya pemeliharaan tanam.

4. Persemaian

persemaian Wali Pohon

Ki-Ka: Penyiapan media semai, aplikasi pupuk cair organik, bayi-bayi, persemaian

Selain pekerjaan pemeliharaan pohon, di lapangan juga terus berlangsung pemeliharaan persemaian/ tree nursery. Pohon yang disemai adalah bayi-bayi yang disiapkan untuk penanaman dan penyulaman pada MT 2016-2017, yang diperkirakan akan jatuh pada bulan November – Desember 2016.
Saat ini terdapat 3 lokasi plot persemaian dengan jumlah pohon mencapai 150.000 batang yang terdiri dari sekitar 40 jenis pohon tanaman khas rimba Jawa Barat. Diharapkan 50% dari bayi-bayi tersebut akan siap tanam pada November besok untuk pekerjaan sulam maupun penanaman baru.

5. Wali Fauna

Rusa di Kandang 8ha

Rusa di Kandang 8ha

Selain program adopsi pohon, di TBMK kami juga telah menyiapkan program baru yaitu Wali Fauna. Wali Fauna membuka kesempatan kepada publik untuk turut terlibat dalam upaya-upaya perlindungan alam dan konservasi dengan menjadi orangtua asuh bagi pemeliharaan Rusa Jawa (Rusa Timorensis) di TBMK. Saat ini kami memelihara sekitar 35 ekor rusa. Pada tahun ini, kami merencanakan akan membangun pagar seluas 27 hektar. Sehingga apabila ditotal, pada 2017 in sha Alloh kita akan memiliki area pemeliharaan rusa seluas 35 hektar. Detail mengenai program akan kami kirimkan pada email sirkulasi terpisah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian, dukungan dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Salam Lestari,

Tim Wali Pohon Masigit Kareumbi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: