Oleh: officetbmk | 2 Agustus 2016

Kunjungan Sejumlah Siswa Dari Jepang Ke Kareumbi

Rabu (27/07) kemarin, sejumlah 4 orang siswa SMA yang berasal dari jepang (Gokase Secondary School Japan) beserta 1 orang guru pembimbingnya mengunjungi Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK). Tujuan kunjugan mereka adalah untuk melakukan kegiatan Field Visit to Turbine Factory, sosialisasi kawasan, serta Program Adopsi – Wali Pohon Masigit Kareumbi. Peserta difasilitasi oleh Asosiasi Hidro Bandung (AHB) yang telah menyediakan penerjemah bahasa untuk mendampingi kunjungannya ke Kareumbi.

Peserta tiba sekitar pukul 10.30 pagi di Basecamp KW dan disambut oleh tim Manajemen Kareumbi yang didampingi oleh Polisi Hutan yang biasa disapa Pak Nana. Tim Manajemen dan Pak Nana mengantar peserta menuju Desa Cimulu dan mengunjungi Kediaman Bi Nyai yang merupakan tokoh masyarakat di desa tersebut untuk bersosialisasi kemudian tanya-jawab mengenai desa tersebut. Acara tanya jawab pun ditutup dengan penyerahan cinderamata untuk Bi Nyai berupa teh Jepang yang mereka buat di sekolah. Setelah penyerahan cinderamata, peserta diantar untuk melihat turbin di desa tersebut.

Selanjutnya, peserta diantar menuju Desa Cigumentong dan singgah sejenak di kediaman Mang Jai. Peserta kembali melakukan tanya jawab seputar desa tersebut selama ± 10 menit, kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata kepada Mang Jai. Setelah meninjau dan berkeliling di Desa Cigumentong, peserta kembali diantar oleh tim Manajemen menuju Kantin di area Basecamp KW untuk menyantap makan siang yang telah disiapkan.

Selesai makan siang, peserta dipandu menuju lokasi penanaman simbolis di belakang kantin Kareumbi. Sebelumnya, peserta diberikan informasi mengenai Program Adopsi – Wali Pohon serta tata cara penanaman oleh tim manajemen kareumbi. Masing-masing peserta diberikan 1 buah bibit untuk ditanam secara simbolis. Kegiatan penanaman ini dilakukan secara simbolis karena penanaman sudah bukan pada musim tanam.

Acara berikutnya, peserta diajak mengelilingi kawasan dengan diperkenalkan fasilitas-fasilitas yang ada di Kareumbi seperti Rumah Pohon dan area pemeliharaan Rusa atau Rumah Rusa. Di Rumah Rusa, peserta menerima penjelasan mengenai Pemulihan Habitat Rusa.

Setelah meninjau kawasan, peserta kembali diantar ke Basecamp untuk bersiap pulang. Acara ditutup dengan saling bertukar cinderamata dan para peserta kembali pulang.

 

Oleh :

Nadira Lavinia

Editor :

Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: