Oleh: officetbmk | 15 Maret 2017

Gelar Wicara “Ngaguar Tapak Lacak Pa Mochtar Kusumaatmadja”

Ngaguar Tapak Lacak

Pada hari Selasa (14/03) telah diselenggarakan acara Gelar Wicara “Ngaguar Tapak Lacak Pa Mochtar Kusumaatmadja”. Acara yang diadakan di Graha Sanusi Universitas Padjajaran Bandung tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan pada Pak Mochtar Kusumaatmadja, yang merupakan seorang guru besar di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran. Selain itu, acara itu juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Pak Mochtar yang ke 88 pada tanggal 17 Februari lalu.

Acara yang dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Padjajaran ini mengundang tiga orang pembicara, yaitu Bapak Sarwono Kusumaatmadja yang merupakan adik Pak Mochtar serta Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia 1999-2001, Bapak Arief Havas Oegroseno yang menjabat sebagai Deputi Kelautan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemitraan RI, serta Prof. Etty R. Agoes yang merupakan Guru Besar Kajian Hukum Laut Fakultas Hukum Universitas Padjajaran.

Dimoderatori oleh Achmad Gusman Catur Siswandi, Pak Sarwono selaku pembicara pertama memaparkan bahwa kepribadian Pak Mochtar merupakan gabungan warisan sifat ayah dan ibunya, menjadikan Pak Mochtar muda seseorang yang cerdas, cenderung sarkas, dan banyak berteman seperti ayahnya. Sementara Pak Mochtar dewasa lebih sabar dan mudah dipahami ucapannya, seperti ibunya. Pak Mochtar juga memiliki kemampuan untuk mengungkapkan gagasan yang abstrak dan mampu meng-organize bahkan sampai hal-hal yang detail.

Berbeda dengan Pak Sarwono yang mengenal Pak Mochtar dari dalam lingkungan keluarga, Pak Arief Havas dan Prof. Etty menyampaikan pandangan tentang Pak Mochtar melalui bidang kelautan dan pendidikan. Bahwa Pak Mochtar merupakan penggagas pendayaguna hukum untuk kepentingan nasional, serta argumentasi Pak Mochtar lah yang membuat Indonesia kini memiliki batas kelautan yang luas.

Ngaguar Tapak Lacak2

Ide pemikiran Pak Mochtar banyak dituliskan dalam buku Biografi beliau yang ditulis oleh Nina Pane dan diterbitkan oleh Peenerbit Buku Kompas tahun 2015, berjudul Rekam Jejak Kebangsaan Mochtar Kusumaatmadja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: