Oleh: officetbmk | 5 Juni 2017

Kegiatan Pembersihan Sungai Citarik

WhatsApp Image 2017-05-26 at 17.14.40

Jumat (26/05) kemarin, diadakan kegiatan Kerja Bakti untuk membersihkan sungai Citarik, dimana sungai tersebut merupakan salah satu sungai yang melewati Kawasan Taman Buru Masigit Kareumbi. Biasanya sungai dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk transportasi, rekreasi, dan sarana penunjang sanitasi. Namun, sungai tersebut mengalami pelumpuran berat akibat erosi permukaan yang dihasilkan dari kegiatan pertanian yang ada disekitarnya. Penggunaan mulsa plastik pada pertanian sayuran yang marak dalam 3 tahun belakangan ini dianggap sebagai faktor yang semakin meningkatkan erosi, terutama yang tinggal di dekatnya.

WhatsApp Image 2017-05-29 at 15.51.22

Jumlah warga yang ikut pembersihan ini sebanyak 11 orang, dimana sebagian besar merupakan personil pecinta alam KAPAK (Komunitas Penggiat Alam Kareumbi) yang berbasis di desa sekitar TBMK serta kru lapangan TBMK. Pembersihan dilakukan dengan membuka sumbatan pada bendung picohidro kemudian menggelontorkan air beserta lumpur dan membersihkan dasar sungai dari benda-benda asing. Sebagian lumpur dinaikkan menjadi tanggul sungai.

WhatsApp Image 2017-05-29 at 15.51.06

Diadakannya pembersihan sungai yakni dengan tujuan meningkatkan daya tampung sungai, mengurangi risiko banjir, menjaga sungai sebagai habitat biota air dan mengembalikan manfaat sungai sebagai sarana rekreasi yang aman. Namun karena tingginya endapan lumpur, dapat menimbulkan bahaya apabila ada pengunjung ataupun warga apalagi anak-anak sekitar yang berenang atau sekedar bermain air.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: