Oleh: officetbmk | 11 Oktober 2017

Kunjungan siswa Jepang ke Kareumbi

IMG_20171008_130400

Minggu (8/10), sejumlah 2 orang siswa SMA yang berasal dari Jepang  beserta satu guru pembimbingnya mengunjungi Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK), tujuan kegiatan mereka adalah melakukan kegiatan kunjungan Picohidro, sosialisasi kawasan, serta program adopsi Wali Pohon. Peserta di fasilitasi oleh Asosiasi Hidro Bandung (AHB) yang menyediakan penerjemah bahasa untuk mendampingi tim ke Kareumbi. Ini merupakan kunjungan kedua AHB mengundang siswa Jepang untuk sosialisasi kawasan di Kareumbi.

IMG_20171008_131535Peserta tiba sekitar pukul 10.00 pagi di basecamp TBMK dan disambut oleh tim manajemen Kareumbi. Tim manajemen mengantar peserta menuju kampung Cimulu yang merupakan pemukiman enclave yang ada di kawasan TBMK dan mengunjungi kediaman Bi Nyai yang merupakan tokoh masyarakat di desa tersebut. Kunjungan ini untuk bersosialisasi dan melakukan tanya-jawab mengenai Picihidro yang ada di kampung. Setelah melakukan tanya jawab peserta diantar menuju Picohidro, tapi sayang nya Pichidro saat itu tidak menyala dikarenakan debit air yang tidak mencukupi dan banyak saluran yang bocor sehingga membuat kinerja Picohidro tidak berjalan dengan baik.  Tapi ada alternatif lain yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang ada di desa, PLTS ini hanya mampu menerangi 2 rumah saja.

Selanjutnya peserta di antar menuju kampung Cigumentong dan singgah sejenak di aula Cigumentong. Kemudian peserta melakukan tanya-jawab kembali selama kurang lebih 15 menit dengan Mang Jai yang merupakan tokoh masyarakat di desa tersebut dan melanjutkannya  dengan meninjau dan mengelilingi desa. Setelah itu peserta kembali di antar menuju kantin di area basecamp TBMK untuk menyantap makan siang yang telah di siapkan.

IMG_20171008_154339

Setelah makan siang, peserta di pandu menuju rumah pohon untuk mempersentasikan tentang kehidupan di Jepang dan kegiatan mereka di sekolah, kegiatan berlangsung sebentar dan peserta di pandu menuju lokasi penanaman simbolis yang berada di belakang kantin Kareumbi. Sebelumnya, peserta di berikan informasi mengenai program adopsi – Wali pohon serta tata cara penanaman oleh tim manajemen kareumbi. Masing-masing peserta di berikan satu buat bibit untuk di tanam secara simbolis karena penanaman sudah bukan pada musim tanam.

Selanjutnya, peserta di pandu menuju area pemeliharaan rusa atau rumah rusa. Di rumah rusa peserta menerima penjelasan mengenai pemulihan habitat rusa. Setelah meninjau kawasan peserta kembali diantar ke basecamp untuk persiapan pulang. Acara ditutup dengan pemberian cendramata dan para peserta kembali pulang.

Oleh : Neng Maya Utami

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: