Oleh: officetbmk | 10 April 2019

Monster

oleh Agung Ganthar Kusumanto 10 April 2019

Salah satu perbedaan rangga pada Cervidae (keluarga rusa) dan tanduk pada Bovidae (keluarga banteng) adalah rangga seperti pada rusa mengalami tanggal rutin. Setiap tahun rusa jantan menumbuhkan rangganya, dari ukuran yang kita sebut knob berselubung kulit yang akan terus tumbuh memanjang (seperti banyak digambarkan pada rusa di film-film santaklaus) hingga sampailah tingkat kematangan sempurna dan rusa akan mengelupaskan kulit rangga dengan menggesekkan rangga pada benda-benda keras seperti pohon, lalu menyisakan rangga keras sempurna yang semakin lama akan semakin keras dan kehilangan kelenturannya. Dan sebelum waktunya tanggal, rangga sering patah terlebih dahulu. Kebiasaan bertarung rusa jantan, rangga kemudian patah ketika beradu, entah dengan pohon, atau juga seringkali karena rangga lain sesama jantan.

Dan beginilah kira-kira rupanya, ketika rusa jantan patah rangga pada percabangan belakang, dan masih belum tanggal dari pangkal nya, menyisakan tampilan spike pada cabang depan. Rusa jantan memang tak selamanya ganteng, seperti saat ini, dan gagah berubah ekstrim malah terlihat seperti monster rekaan karikatur mistis.
Ya begitulah, malah tampil menyeramkan setelah beraksi sesuai panggilan alamnya. Tak perlu merasa kasihan pada rusa seperti ini, karena ini hanyalah rutinitas tahunan rusa jantan. Hingga sebentar waktu ikatan pangkal rangga dengan tulang pedisel di puncak tengkoraknya melemah dan rangga akan tanggal sama sekali. Lalu tumbuh lagi kemudian, mulai dari nol.

Catatan Editor :

Rangga (KBBI) – tanduk tajam dan bercabang-cabang (seperti tanduk rusa)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kategori

%d blogger menyukai ini: