Oleh: kareumbi | 26 April 2019

TBMK sebagai Kampus Alam

Field trip mahasiswa dan pengajar dari mancanegara
bersama tim dosen dan mahasiswa SITH Biologi ITB ke TBMK (2018-08-15)

Taman Buru Masigit Kareumbi sejak tahun 2009 telah di deklarasikan sebagai kampus alam. Sebuah ruang kelas tanpa dinding, ruang belajar tanpa sekat yang dapat menjadi Daerah Tujuan Studi (DTS; sebagai istilah tandingan untuk Daerah Tujuan Wisata – DTW) baik kalangan akademisi seperti para mahasiswa, dosen, peneliti maupun publik secara lebih luas.

Studi yang bisa dilakukan tidak sebatas penelitian dan pengembangan dengan topik yang langsung terkait dengan alam serta hutan seperti dari fakultas biologi, geologi, geodesi, kehutanan, peternakan dan pertanian. Tapi juga dapat mencakup bidang keilmuan lain. Sebagai contoh saat ini (2018-2019) ada empat orang mahasiswa S2 Psikologi Universitas Padjadjaran yang sedang melakukan studi persepi terhadap masyarakat di sekitar kawasan hutan. Pada tahun sebelumnya ada mahasiswa S2 Arsitek Landscape yang mengambil thesis tentang desain lansekap taman buru. Beragam cabang keilmuan bisa tumpah ruah mendapatkan topik-topik yang sangat menarik di dalam maupun sekitar kawasan hutan TBMK.

Lihat di halaman ini untuk melihat daftar topik studi dan penelitian yang telah dilakukan oleh kalangan akademisi di TBMK.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kategori

%d blogger menyukai ini: