Oleh: officetbmk | 19 September 2019

Mengikuti kegiatan Pelatihan Taksidermi Puslit Biologi LIPI

Peserta Pelatihan Taksidermi 2-4 September 2019

Pada tanggal 2-4 September perwakilan manajemen TBMK telah mengikuti kegiatan Pelatihan Taksidermi dalam rangka acara open house hari ulang tahun Museum Zoologicum Bogoriense ke 125 tahun. Kegiatan ini bertempat di Gedung Widyasatwaloka Puslit Biologi LIPI.

Materi dalam kegiatan kali ini adalah Pengawetan kulit binatang yang dibagi menjadi 3 Taksa yaitu mamalia, burung, dan herpet. Materi ini dibawakan oleh Bpk. Martua H Sinaga, S. Si selaku staf dari Museum Zoologicum Bogoriense. Sebanyak 80 Universitas program Pendidikan Biologi di wilayah Indonesia pun turut diundang dalam kegiatan ini.

Proses taksidermi mamalia oleh Kang Tatang Eka Jaya (Staf TBMK)

Salah satu staff TBMK kang Tatang Eka Jaya mendapat kesempatan untuk melakukan Taksa mamalia. Beberapa proses diantaranya adalah pemisahan anatara kulit dan karkas spesimen, pembuatan sketsa badan tiruan dengan mengukur karkas, pembersihan lemak dan daging, pembuatan badan tiruan dari sabut kelapa diikat dengan benang katun nylon, kemudian pemasangan kembali tengkorak dengan badan tiruan dibantu lilin plastisin, pemberian boraks pada bagian dalam kulit yang sudah bersih, pemasangan kawat serta kapas pembalut pada bagian kaki depan dan belakang, hingga pada tahap akhir yaitu finishing pembuatan taksidermi.

Semoga dengan mengikuti kegiatan ini akan menguatkan SDM TBMK dalam hal pemeliharaan satwa khususnya satwa rusa yang ada di kawasan TBMK.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kategori

%d blogger menyukai ini: