Keselamatan | Safety

PERINGATAN

Suatu kesempatan yang sangat baik anda dapat berkunjung ke TB. Masigit Kareumbi. Kami ingin anda dapat melihat, menikmati dan mengalami pengalaman yang menyenangkan selama berada di kawasan. Kami juga selalu menginginkan anda dan rombongan dalam kondisi sehat dan selamat. Mohon selalu diingat bahwa alam terbuka tidak bisa diprediksi. Anda harus mempersiapkan perjalanan anda untuk semua kondisi alam dan cuaca yang mungkin terjadi.

Selamat menikmati aktifitas yang sehat dan bertanggung-jawab.

Tata Tertib

Silahkan mengecek halaman TATA TERTIB untuk melihat perbaruan tentang tata tertib selama anda berada di kawasan

Informasi Dasar

  1. Senantiasa mengecek laman ini untuk melihat perbaruan mengenai kawasan, seperti peringatan ataupun informasi terkait keselamatan dan akses
  2. Ada waktu-waktu kami menutup kawasan untuk kepentingan konservasi atau pemeliharaan, silahkan update melalui website diatas

Menuju TBMK

  1. Cari informasi lengkap perjalanan yang akan dilakukan, antara lain: rute, akses, tarif, jadwal dan pastikan semua orang dalam rombongan sudah mengetahuinya. Lihat disini untuk rute.
  2. Seluruh kawasan konservasi pada umumnya tidak dapat dikunjungi tanpa reservasi dan perijinan. Termasuk juga TBMK. Pastikan anda telah memiliki SIMAKSI. Lihat disini untuk prosedur resmi

Covid-19

Selama masa pandemi COVID-19, tetap menerapkan protokol kesehatan: 3M – menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Rokok

Kami tidak melarang anda merokok, namun mohon tingkatkan kepedulian dan rasa tanggungjawab anda selama merokok di dalam kawasan.

  1. Kumpulkan dan amankan puntung rokok anda. Puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat termakan oleh satwa dan mencemari kawasan kita yang sangat berharga, antara lain melalui kandungan arsenik dan timbal. Puntung rokok yang dibuang dalam keadaan masih menyala juga memiliki risiko memantik kebakaran hutan.
  2. Kami sangat menghargai apabila anda dapat membawa pulang kembali puntung rokok (dan seluruh sampah yang anda bawa) keluar kawasan karena TBMK belum memiliki pengelolaan sampah yang cukup kokoh. Mohon maaf.
  3. Pastikan asap rokok anda tidak menganggu pengunjung lain maupun satwa liar.

Keselamatan Kegiatan

  1. Keselamatan perjalanan: https://kareumbi.wordpress.com/safety/jelajah-alam
  2. Keselamatan yang berhubungan dengan air: https://kareumbi.wordpress.com/safety/perairan
  3. Keselamatan untuk perkemahan: https://kareumbi.wordpress.com/safety/camp (link belum aktif)
  4. Keselamatan untuk MTB dan sepeda: https://kareumbi.wordpress.com/safety/mtb (link belum aktif)
  5. Keselamatan yang berhubungan dengan perjumpaan satwa: https://kareumbi.wordpress.com/safety/fauna (link belum aktif)
  6. Keselamatan yang berhubungan dengan tumbuhan: https://kareumbi.wordpress.com/safety/flora (link belum aktif)
  7. Keselamatan yang berhubungan dengan kawasan: https://kareumbi.wordpress.com/safety/kawasan (link belum aktif)

Update 20211017 21:35 WIB