Model Taman Buru

Sesuai dokumen SNI 01-5009.8-2001, Indonesia memiliki 15 kawasan konservasi yang ditetapkan sebagai Taman Buru (TB). Pada saat ini kita mengetahui bahwa dua taman buru telah berubah status yaitu TB. Tambora Selatan yang telah digabung dengan Taman Nasional dan TB. Padamarang Mata Osu yang turun status menjadi hutan produksi.

TB. Masigit Kareumbi (TBMK) sebagai salah satu Taman Buru, satu-satunya di Jawa-Bali dan termasuk yang tertua, saat ini sedang diupayakan untuk menjadi TB yang berfungsi dan berlandaskan konservasi sehingga diharapkan dapat menjadi model dari TB yang lain.

Upaya yang dilakukan ini berusaha dilakukan melalui kerjasama antara BBKSDA Jabar dengan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri yang telah dilakukan sejak tahun 2009. Disadari bahwa mewujudkan hal ini bukanlah hal yang mudah dan tentunya memerlukan curahan pemikiran, waktu, tenaga serta konsistensi dari para pihak dan juga publik sebagai stakeholder dari kawasan hutan.

Dalam rangka implementasi kerja sama, maka dirancanglah dokumen Rencana Pelaksanaan Program (RPP) 2016 – 2020 sebagai panduan kedua belah pihak dalam melaksanakan kerja sama.

RPP Kerja Sama TB. Masigit Kareumbi 2016 – 2020

RKT Kerja Sama TB. Masigit Kareumbi 2016

 

#EOF. last update 20161224