Volunteer

PKareumbi Volunteerunya waktu dan keinginan untuk belajar mengenai pengelolaan kawasan hutan? ingin terlibat langsung dengan Masigit Kareumbi dan menjadi bagian dari solusi untuk lestarinya kawasan hutan?

Dalam rangka mendukung kolaborasi multi-disiplin dalam pengelolaan kawasan hutan, kami mengundang anda!

Untuk mengembangkan kapasitas, bekerja, berkegiatan di alam terbuka, menjelajah dan menambah teman sambil berkontribusi terhadap pengelolaan kawasan hutan secara kolaboratif.

Ide dasarnya adalah bahwa pengelolaan hutan yang lestari bukan saja merupakan tanggungjawab instansi ataupun disiplin kehutanan. Hutan sebagai ruang kelas tanpa dinding, sejatinya mampu menyediakan banyak sekali ruang untuk orang-orang dengan latar belakang disiplin yang berbeda, untuk bekerja secara kolaboratif mengisi ruang-ruang tersebut. Dan kami di Manajemen TBMK sangat terbuka untuk itu.

Daftarkan diri anda untuk menjadi Kareumbi Volunteer. Isi formulir dibawah dan kirimkan kembali pada kami. Kami akan menghubungi apabila ada kegiatan yang membutuhkan kualifikasi anda!

Atau scroll-down untuk melihat slot yang tersedia dan anda bisa bagikan kepada kawan, sodara dan handai taulan yang anda kenal dan memiliki kapasitas yang dibutuhkan untuk berkontribusi dalam pengelolaan kawasan hutan bersama-sama.

Download Formulir Relawan v1.2

Volunteer With Us!

2018: Part Time Volunteer Slot!

TBMK selalu senang menerima keterlibatan individu untuk membantu sukarela paruh waktu. Tidak mengharuskan dari disiplin ilmu yang sama dengan kebutuhan slot, walau tentu yang passionate dan ahli dibidangnya lebih disukai, sehingga bisa memperbaiki sistem yang ada saat ini :). Slot pekerjaan fleksibel, anda dapat berkontribusi dari rumah atau tempat anda bekerja. Part time slot adalah untuk anda yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan rutin, namun masih dapat menyumbangkan sebagian waktu, tenaga dan pemikiran untuk upaya konservasi dan pengelolaan kawasan hutan. Bravo dan respek untuk anda!.

Kami tidak menyediakan fee bagi sukarelawan paruh waktu ini, kami hanya bisa memberikan reward berupa sertifikat WaliPohon atau WaliFauna setelah voluntary project yang diambil selesai.

  1. #web_walipohon.  (03/10/2018). TBMK memiliki kebutuhan untuk redesign dan reengineer website antarmuka manajemen walipohon di http://walipohon.tbmk.org. Untuk anda yang memiliki keahlian di bidang website programming, web design dengan bahasa pemrograman HTML5, PHP dan database SQL. Lama pekerjaan: ±3 bulan.
    Reward: 10 unit WaliPohon
  2. #fundriser, pengelolaan kawasan hutan bagaimanapun membutuhkan dana. Punya ide untuk memperkuat hal ini? melalui crowdfunding, pendanaan kolaboratif, instrumen ekonomi lingkungan hidup, carbon trade atau channel pendanaan lainnya? bicarakan dengan kami dan jadilah fundriser untuk TBMK!.
    Reward: WaliFauna
  3. #architect, TBMK membutuhkan bantuan relawan yang memiliki kompetensi menggambar desain interior/eksterior untuk membuatkan desain: 1) Gerbang Kawasan TBMK, 2) Museum edukasi perburuan, 3) Lansekap basecamp TBMK berdasarkan konsep dan diskusi dengan tim.
    Reward: 10 unit WaliFauna
  4. #electric_engineer, TBMK membutuhkan bantuan relawan yang memiliki kompetensi di bidang desain elektronika untuk membuat disain dan (apabila memungkinkan) membuat prototip FENCE ALARM/ Alarm pagar untuk dipasang di pagar rusa yang ada di kawasan. TBMK saat ini memiliki pagar rusa dengan spesifikasi high-tensile fence, sepanjang 3 kilometer dan untuk mengetahui adanya threat/ancaman yang dapat menganggu cukup merepotkan. Beberapa gangguan yang mungkin dan pernah terjadi adalah adanya dahan pohon tumbang yang merusak pagar, masuknya hewan predator seperti anjing ke dalam pagar, maupun orang yang memaksa masuk secara ilegal dengan memanjat pagar. Adanya sebuah sistem yang dapat menditeksi gangguan-gangguan tersebut akan sangat membantu upaya pemeliharaan rusa di TBMK. Sebagaimana diketahui, sistem fence alarm sebetulnya sudah ada beberapa alternatif dan bahkan sudah menjadi industri di luar negeri, namun harga sistemnya sangatlah mahal. Slot voluntary ini berlaku untuk perorangan maupun tim ataupun mahasiswa tugas akhir pada disiplin ilmu yang terkait.
    Reward: 50 unit WaliFauna
  5. CODE #mapping, tersedia slot untuk pekerjaan seputar pemetaan menggunakan GPS handheld, aplikasi pemetaan sederhana diantaranya GPSMapEdit, Global Mapper, Google Earth. Tidak perlu yang ahli karena akan diberikan pelatihan dasar terlebih dahulu, namun harus menyenangi dan mau belajar program aplikasi yang disebutkan.
    Reward: 5 WaliFauna

2018: Internship/ Magang di Basecamp TBMK.

TBMK menerima personil untuk kerja magang di lapangan/ basecamp TBMK Cicalengka, minimal selama 3 bulan. Penempatan sebagian besar akan di basecamp TBMK namun jadual cukup fleksibel dan terbuka untuk dibicarakan. Tersedia akomodasi dan konsumsi. Tidak mengharuskan dari disiplin ilmu yang sama dengan kebutuhan slot, walau tentu yang passionate dan ahli dibidangnya lebih disukai, sehingga bisa memperbaiki sistem yang ada saat ini 🙂

  1. CODE #nursery. Kami memiliki site persemaian tanaman hutan dengan kapasitas sekitar 100.000 batang. Kami membutuhkan seseorang (atau beberapa) yang memiliki passion dan antusiasme terhadap persemaian tanaman hutan untuk membantu dan terdapat peluang untuk kerja sama lebih dalam 🙂
  2. CODE #fencing: September s/d November 2018, kami akan memasang pagar rusa seluas 9 hektar, dengan panjang pagar ±950 meter. Tersedia slot untuk membantu pemagaran tersebut. Mulai dari pemasangan tiang, pembentangan roll kawat high-tensile fence, pengikatan dlsb. Ini adalah pekerjaan lapangan yang cukup berat.
  3. CODE #ranger: tersedia slot untuk relawan yang senang berkegiatan di hutan, membantu di penangkaran rusa, kontrol pagar, patroli hutan, pantauan kebakaran hutan, pemberdayaan masyarakat, pemanduan, inventarisai flora dan fauna dlsb
  4. CODE #deer_husbandry: tersedia slot untuk relawan yang menyenangi bekerja dengan rusa jawa (Rusa timorensis). Fisiologi hewan, perilaku, hijauan pakan, fencing, dlsb.
  5. CODE #kompos: tersedia slot untuk relawan yang memiliki keahlian atau passionate di bidang pertanian berkelanjutan utk setting up demplot pertanian ramah lingkungan, mendampingi petani, mengoperasikan unit pengolahan kompos di sekitar kawasan TBMK. Slot 1 orang.

Fasilitas: tersedia makan dan akomodasi selama di lapangan.
Fee: operational expense & fee to be discussed. 

2018: Magang/ Internship di OFFICE TBMK

Kantor TBMK menerima personil untuk internship/ magang, minimal 3 bulan atau tergantung scope pekerjaan. Kegiatan kerelawanan pada umumnya dilakukan di Bandung, office hour Senin – Jum’at namun waktu dan jadual dapat didiskusikan. Kunjungan ke lapangan 2x dalam sebulan. Tidak mengharuskan dari disiplin ilmu yang sama dengan kebutuhan slot, walau tentu yang passionate dan ahli dibidangnya lebih disukai.

  1. Menguasai basic program office (word, spreadsheet, powerpoint) dan Internet (Browsing, Medsos)
  2. Mau belajar dan menerima hal-hal yang baru, adaptif
  3. CODE #administrasi umum: tersedia slot untuk 2 orang: pekerjaan seputar administrasi kantor, reservasi tamu kunjungan, membuat itinerary, CRM, dsb. Time: Office hour.
  4. CODE #administrasi keuangan, tersedia slot untuk 1 orang: pekerjaan seputar administrasi keuangan, rekap bon, menyusun laporan keuangan standar akuntansi, pajak, dsb. Time: Office hour.
  5. CODE #WEB1 website admin/ designer/ php programmer, tersedia slot untuk 1 orang: akan terlibat dalam mengelola blog, membuat berita, media sosial, web walipohon dlsb. Time: flexible.
  6. CODE #eduecotourism, tersedia slot magang untuk anda yang tertarik dengan membuat program ekowisata dan wisata berbasis pendidikan, birdwatching, pemanduan dlsb. Time: Office hour.
  7. CODE #conservation enterpreneur, tersedia slot untuk anda, para individu yang memiliki ide dan pemikiran untuk kawasan hutan yang lestari dan mau mewujudkan ide tersebut. Silahkan bicarakan ide anda dengan kami.

Fasilitas relawan: tersedia makan minum selama ybs berada di office, wifi.
Fee: operational expense & fee to be discussed. 

Kirimkan portofoliocurriculum vitae dan formulir volunteer anda ke volunteer at tbmk dot org, tuliskan nomor CODE dan bidang (mis: CODE #EET1) pada subject email.


Volunteer yang sedang menjalankan misi. Welcome to the jungle!

2018, September – ~
Veronika Martha Sarry, Fauziah Taslim, Selviana Elisa, Lina Luthfiyah. (Mahasiswa S2 Psikologi UNPAD, majoring Psikologi sosial). Studi persepsi masyarakat sekitar hutan terhadap pengelolaan hutan.

Volunteer yang telah menyelesaikan misinya, You Rocks!

2018, April-Juni
Kang Azmi. Membantu membuat desain softscape empang rusa (sketchup) dan diturunkan ke RAB.

#TBMK: Hatur nuhun!

2018, Januari – Maret
Nadira (Psikologi UNPAD), Maura dan Monica (Bisnis Internasional PAAP Unpad). Membantu di office, multi-tasking. Mulai dari bikin kopi, cetak sertifikat walipohon, handle tamu, bikin itinerary kunjungan, bantu notulis rapat, foto-foto, ikut hadir rapat dengan BBKSDA, daan lain sebagainya. Luar biasa.

#TBMK: Hatur nuhun neng Gareulis atas bantuan dan keceriaannya.

2017, Feb-April
Christopher Gio (KPB Semi Palar). Membantu standby office, rekap data, sharing dengan para senior, bikin desain ID-Card, live-in di Cigumentong sekian minggu. Juara!

#TBMK: Keren, Gi, awas jangan kapok yaa!

2017, Jan-Feb
Nadira (Psikologi UNPAD).

2016, Maret
Kelompok Petualang Belajar Semi Palar. Angelita Zipora, Asyafa Mutia, Christopher Gio, Lian Kyla, Natasha Janice, Sebastian Rico, Viola Kinanti.

#TBMK: WOW!

2012, December (STATUS: AVAILABLE)

Ingin ikut terlibat menanam pohon? kenali cara dan metoda kerja Wali Pohon dengan melakukannya sendiri!. Perhatian: Bukan pekerjaan ringan 🙂

  1. Membantu mobilisasi bibit dari persemaian ke area tanam. (tidak dibutuhkan keahlian khusus).
  2. Membantu membuat jalur tanam. (Keahlian menggunakan parang untuk membuat jaluran tanam)
  3. Membantu memasang ajiran tanam (tidak dibutuhkan keahlian khusus, hanya fisik)
  4. Membantu di persemaian (mutasi bibit, pencatatan dan penghitungan)
  5. Membantu mobilisasi pupuk (tidak dibutuhkan keahlian khusus)
  6. Membantu sensus pohon dan mapping lokasi tanam (menggunakan GPS, pemetaan).
  7. Dokumentasi kegiatan (menggunakan kamera digital dan membuat jurnal)
  8. Driver (menggunakan Land Rover 4×4 dan anhang)
  9. Mobil transporter 4×4 (BBM selama operasional ditanggung)

Slot tersedia sampai akhir musim tanam (Maret – April 2013)
Fasilitas yang ditanggung makan dan akomodasi selama kegiatan kerelawanan. Allowance fee: none

Bagi peminat, dapat mengisi formulir relawan dan mengembalikannya ke volunteer at tbmk dot org.  Selanjutnya koordinator relawan akan mengontak anda. Salam Lestari!

2012, August (STATUS: AVAILABLE.. Slot ditutup 29/08/2012). Terima kasih Kang Agung (BBKSDA), Kang Arfan (Wanadri), Kang Galih Donikara (Wanadri), Kang Ferry, Teh Mentari, Kang Muslim (ISMAKES Jabar) dan para peserta (BUMN Hijau Lestari, Igrek, Tapak, Karang Taruna Leuwiliang, Koramil 0903 Cicalengka, BBKSDA SKW III Soreang dan PolHut Kareumbi dan PolHut Gunung Tilu) juga Kang Andra untuk foto-fotonya..

Pengajar Materi GPS Navigasi (dasar).
Ce/Co, mahir menggunakan GPS Garmin, bisa mengajar materi GPS dasar dan praktek (waypoint, track, backtrack, area calculation, gps data upload/download. Lebih baik apabila menguasai GIS application (cukup GPSMapedit dan Garmin Mapsource). Bersedia mengajar pada sesi pelatihan GPS bersama BBKSDA Jabar tgl 30-31 Agustus 2012 di Basecamp KW dan membuat modul presentasi.
Fasilitas: Makan dan akomodasi selama kegiatan.  Allowance fee: none.

Pengajar Materi: Kesehatan Lingkungan, PPGD, Pencegahan & Penanggulangan Kebakaran Hutan, dan Pemanduan Wisata. Untuk tanggal 30-31 Agustus 2012.
Fasilitas: Makan dan akomodasi selama kegiatan. Allowance fee: none.

2012, March (JOB STATUS: AVAILABLE. Slot ditutup 14/03/2012. Thanks to Gema Perbangsa.)
Ce/Co, web admin. Bisa bikin website, ngerti programming web (PHP, MySQL), ngerti web design tools, good web design taste, willing to learn, suka kegiatan alam terbuka, good attitude, bersedia kerja kontrak min. 3 bulan. Kontak volunteer at tbmk dot org, send your portofolio web address/preview.
Kontak info at tbmk dot org untuk info lebih lanjut.

2011, 21-23 August (status: AVAILABLE. Slot ditutup 21 Agustus 2001, volunteer check-in. Terimakasih Radilla Arumdani atas kesediannya)
1. Guide
Dibutuhkan 1 orang relawan untuk mendampingi sightseeing 7 orang mahasiswa dari  Jepang di Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi.
Kualifikasi: (a) Mampu berbahasa (pasif, aktif dan tulisan) Jepang, Hyoujungo, dan bahasa Inggris. (b) Menyenangi kegiatan di alam terbuka. (c) Dapat menghadiri sesi training dan pengenalan kawasan selama 1 hari di Kareumbi (tanggal 18 atau 19 Agustus).
Fasilitas: Makan dan Akomodasi selama kegiatan ditanggung. Allowance fee: none.
2. Land Rover LC + Driver
Dibutuhkan 1 unit Land Rover long chassis (canvas/hardtop) dan drivernya sebagai transporter selama kegiatan berlangsung.
Fasilitas: Makan, akomodasi dan BBM transporter selama kegiatan ditanggung. Allowance fee: none
Hubungi email volunteer at tbmk.org.

2011, Juli – December
Kareumbi Bamboo Trail.
Disain, perancangan, bibit bambu, adopt-a-trail. Kontak kami untuk info lebih lanjut.

2011, 16 – 19 Mei
Pendataan Wali Pohon (Status AVAILABLE, slot ditutup 15 Mei 2011 jam 1700)
Jenis pekerjaan: Lapangan

Uraian pekerjaan:
Dukungan G1: Membuat papan nama wali pohon, mengecat papan, menulisi plang. Slot: 2-4 orang.
Dukungan G2: Melakukan pendataan pohon, mengisi survey sheet, mengolah data dan memasang plang. Slot: 4-8 orang.
Dukungan G3: Mobilisasi bibit ke lokasi, menyulam tanaman yang mati. Slot 4-8 orang.
Dukungan G4: Geotagging dan mengambil gambar pohon. Slot: 2 orang.
Dukungan G5: Membuat preparasi untuk kegiatan diatas. Slot: 1 – 2 orang, mulai tanggal 13.

Kualifikasi volunteer: Dapat menghadiri briefing kegiatan pada Minggu tanggal 15 Mei pukul 1500 di kantor Masigit Kareumbi Jl. Arumanis 25, Bandung. Terbuka untuk umum, pria atau wanita, usia 18 – 40 tahun, mau bekerja sama dalam tim, bersedia bekerja keras, mau serta mampu bergerak di lapangan.
Untuk G2 dan G3 bersedia flying camp selama minimal 1 malam pada jadual waktu yang telah ditetapkan.
Untuk G4, selain kualifikasi diatas juga memiliki kemampuan (atau kemauan untuk belajar) mengoperasikan GPS Garmin dan kamera digital.

Fasilitas untuk volunteer: Makan 3x setiap hari, akomodasi atau tenda untuk flying camp.
Fee transport/Biaya BBM disediakan hanya untuk 1x berangkat dan 1x pulang (optional, kami sangat berterima kasih apabila volunteer dapat berangkat dengan biaya sendiri).

Yang harus disiapkan volunteer: Perlengkapan pribadi, daypack, tempat minum, raincoat, peralatan tidur dan baju ganti selama di lokasi, obat-obatan pribadi. Bila memiliki GPS, Sepeda, atau alat transportasi/motor/ mobil sendiri juga oke untuk dibawa.

Tertarik? kontak volunteer at tbmk dot org atau ikuti perkembangannya di facebook kareumbi.

2011, 6 – 7 Mei
Pendampingan dan mentoring untuk camping remaja.
Profil Peserta: Remaja SMP-SMA, pemula outdoor, jumlah 40 orang, masuk tanggal 6 pagi.
Kualifikasi volunteer: Build campsite, campfire, outdoor cooking, hidup di alam terbuka dan outdoor ethic. Harus sudah berada di lokasi maksimal jam 1300.
Fasilitas volunteer: makan dan akomodasi di tempat ditanggung, transport fee available.
STATUS: Closed. Volunteer check-in. Terimakasih Achiel Djayakusumah.

Responses

  1. program yang menarik_

    • Hatur nuhun. Mangga kang bilih bade ngiringan :).

  2. masih tiasa keneh eu kang janten volunteer?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: