Konservasi

English version document for Masigit Kareumbi Tree Adoption Program Factsheet

CEK SERTIFIKAT WALI POHON .. klik disini.
(no sertifikat sebagai login, 3 digit terakhir nama sebagai passcode)

Program Konservasi di Masigit Kareumbi saat ini terdiri dari dua kegiatan utama yaitu Persemaian dan Penanaman.

Persemaian Pohon

Pembibitan atau persemaian dilakukan di area sekitar KW, bekerja sama dengan warga setempat. Sejak awal 2008, program ini telah menyemai dan merawat beberapa jenis tanaman pohon khas hutan Jawa Barat.

Selain digunakan pada kegiatan reforestasi, kelebihan bibit juga diperjualbelikan untuk umum ataupun dapat diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.
Pada tahun 2014, bibit pohon yang kami miliki diantaranya adalah 1. Puspa (Schima waliichi), 2. Ki Cangkudu (Tarrenoidea triveng), 3. Rasamala (Altingia excelsa), 4. Manglid (Manglietia glauca), 5. Ki Teja (Cinnamomum iners), 6. Huru Minyak, 7. Huru Batu (Litsea fulva), 8. Huru Dapung (Actinodaphne glomerata), 9. Huru Madang (Beilschmiedia madang), 10. Ki Honje (Pittosporum ferrugineum), 11. Saninten (Castanopsis argentea), 12. Ki Sireum (Syzygium lineatum), 13. Ki Hiur (Castanopsis javanica), 14. Ki Huut (Glochidion molle), 15. Pingku (Dysoxylum alliaceum), 16. Pasang, 17. Jaranak, 18. Ki Hujan Leuweung (Engelhardia spicata), 19. Baros (Magnolia macklottii), dan 20. Campaka leuweung (Michelia montana). Lihat disini untuk daftar bibit yang kami miliki.

Penanaman dan Penghutanan Kembali

Logo Wali Pohon Masigit KareumbiData yang kami miliki, sekitar 750 hektar lahan di dalam kawasan yang  berada dalam kondisi kritis akibat penebangan.
Pada tahap awal, pengelola menyiapkan plot area seluas 30 hektar untuk ditanami. Awalnya areal ini adalah hutan pinus, namun setelah penebangan, kebanyakan adalah lahan tidak produktif yang ditumbuhi alang-alang. Warga tidak diperbolehkan berladang karena lahan ini termasuk kawasan konservasi.
Area penanaman yang berada di blok Bagus ini juga terletak di muka pintu masuk kawasan dan berbatasan langsung dengan tanah masyarakat yang dibatasi oleh jalan kontrol.

Dari sini kami melihat bahwa tekanan masyarakat terhadap area ini cukup besar dan selayaknya program penanaman harus juga melibatkan mereka agar dapat bersama-sama menjaga dan memelihara kawasan.

Reforestasi merupakan kegiatan yang membutuhkan dana tidak sedikit. Yang juga sangat penting dan terkadang dihiraukan adalah komitmen untuk memastikan bahwa tidak sekedar menanam, namun juga memelihara.

Untuk itu dibuatlah sebuah rancangan kegiatan yang dapat membuka kesempatan dan peluang kepada masyarakat atau publik yang peduli terhadap kelestarian alam untuk membantu menghutankan kembali sebagian kawasan yang telah rusak. Dukungan dan keterlibatan publik adalah kunci dari berhasilnya program ini.

Maka lahirlah Wali Pohon Masigit Kareumbi.

Secara konsep sangat sederhana. Publik memberikan biaya asuh untuk setiap pohon kemudian uang asuh tersebut digunakan oleh pihak pengelola bersama masyarakat untuk menanam serta merawat pohon selama 3 tahun.

Karena keterbatasan musim, program penanaman tidak kami selenggarakan setiap saat namun hanya pada musim penghujan saja. Penanaman biasanya berlangsung pada bulan November sampai Maret. Namun demikian, pemesanan dan pendaftaran peserta Wali Pohon tetap dapat dilakukan sewaktu-waktu sepanjang tahun.

Biaya asuh yang diberikan untuk setiap pohon, sudah termasuk:

  • Bibit pohon dan mobilisasi ke lokasi penanaman
  • Pembuatan lubang tanam
  • Pembuatan tongkat/ajir (penanda pohon)
  • Biaya penanaman
  • Biaya pemeliharaan (babat jalur, pendangiran, pemupukan) selama 3 tahun
  • Biaya penyulaman bibit yang mati.
  • Papan nama plot sesuai nama komunitas (untuk pengadopsi lebih dari 100 pohon)
  • Sertifikat dijital yang dikirimkan melalui pos elektronik (email).
  • Akses Sistem Monitoring On-Line (http://walipohon.tbmk.org)

Bagaimana Cara Menjadi Wali Pohon?

  1. Unduh dan pelajari dokumen kertas fakta Wali Pohon (versi terakhir v5g, atau versi bahasa Inggris disini) untuk lebih mengenal mengenai kegiatan ini serta persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Unduh formulir pendaftaran yang sesuai.
  3. Isi dan lengkapi formulir tersebut.
  4. Tentukan metoda pembayaran biaya asuh yang akan anda lakukan dan lakukan pembayaran (Rp. 50.000,-/ batang pohon untuk pengadopsi individu, atau minimal senilai 100 batang pohon untuk komunitas).
  5. Kembalikan formulir pendaftaran kepada kami. Pengembalian bisa melalui email, fax, surat ataupun datang langsung ke sekretariat kami dan sertakan bukti pembayaran. Alamat pengembalian formulir bisa dilihat didalam formulir tersebut.
  6. Kami akan mengkonfirmasi pendaftaran dan biaya asuh anda.
  7. Selamat, anda sudah menjadi wali pohon!. Bila pendaftaran dilakukan pada musim tanam, kami akan segera menanam pohon anda. Bila tidak, maka kami akan menanamnya pada musim tanam yang akan datang.  Kami akan memberikan konfirmasi status sertifikat anda.

Informasi lebih lanjut atau pertanyaan mengenai program-program konservasi di Masigit Kareumbi, silahkan menghubungi:

Program Konservasi Masigit Kareumbi
Jl. Arumanis No. 25. Bandung, Jawa Barat, INDONESIA 40191
Ph/fax: +62 22 2502085
Email: walipohon@tbmk.org
klik disini untuk detail kontak.

Rekening Wali Pohon Masigit Kareumbi atas nama:

Managemen Pengelolaan Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi / KOPERASI WANADRI
Bank BNI Cabang Perguruan Tinggi Bandung
0190928096

#EOF. program konservasi. last update 20151110 13:46.

Responses

  1. […] Program Konservasi Oleh: kareumbi | 22 November 2009 […]

    • Upaya positif, saya akan mengadopsi dan menerapkannya di daerah kami. T.Kasih. atas inspirasinya.

  2. Bravo. Maju terus lestarikan alam Indonesia

  3. Dukung penuh program seperti ini🙂

  4. haji ade kang..hade..Wilujeng narekahan kahadeanana..mugia santosa tur sejahtera.

  5. […] Program Konservasi […]

  6. dukung, ikuti program ini, makin banyak yang ikut makin baik

  7. Pada tgl 29 April 2009, saya telah ikut program wali pohon dengan membayar uang sebesar 50.000 rupiah yang diterima oleh saudara Feby Nugraha dari Wanadri, dengan mengisi form WP-03.3. Potongan tanda terima form tersebut masih saya pegang.

    Waktu itu Wanadri mengisi salah satu both di event yang berkaitan dengan lingkungan yang diselenggarakan oleh Sekolah Pelita Harapan International, Sentul City.

    Yang saya ingin saya tanyakan adalah, saya belum memiliki nomor sertifikat atas pohon yang saya walikan. Bagaimana saya bisa tahu nomor sertifikatnya?

    Terima kasih.

    • Terimakasih atas komentar dan dukungannya.

      Mohon diberikan nama lengkap atasnama walipohonnya melalui email. Kami akan cek di data kami.

      Salam.

      -echo
      Masigit Kareumbi Tree Adoption Program

  8. Siap, Laksanakan!

    *tapi tunggu bulan muda, euy. InsyaAllah Amin..

  9. […] masyarakat dalam program Wali Pohon Masigit Kareumbi. Sejak pembibitan, penanaman sampai pemeliharaan. Pelibatan ini akan kembali dilakukan pada […]

  10. Insya Allah mau ikutan untuk musin tanam tahun ini, bulan November-Maret ya.., masih ada waktu untuk mengajak teman2 di komunitas saya, biar bisa adopsi minimal 100 pohon, Salam lestari.!!

  11. […] dana FHB senilai Rp 6.336.200,- untuk penanaman pohon asuh melalui WANADRI >> https://kareumbi.wordpress.com/program/konservasi/. Sebagai bentuk sumbangsih nyata FHB terhadap pelestarian […]

  12. Semoga alam kita ini semakin terjaga kelestarian nya.

  13. kampanye2 yang seperti ini harus sering di gencarkan. 1 orang menanam aja sangat berperan penting

  14. maaf mau tanya, kalau untuk menjadi wali pohon buat individual, bukan kelompok, masih jalan programnya ?

    • Masih, silahkan langsung ke lapangan atau kirim mail ke walipohon@tbmk.org.

      Terimakasih.

  15. […] email setahun yg lalu waktu kepengen banget sok-sok an cinta lingkungan meluncurlah ke situs ini https://kareumbi.wordpress.com/program/konservasi/ daftar, baca2, donasi (sesederhana […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: