Persemaian Semi-Permanen

Jurnal Persemaian Semi-Permanan TB. Masigit Kareumbi

Persemaian merupakan tempat/area khusus yang diperuntukan untuk memproduksi benih menjadi bibit siap tanam. Persemaian yang akan dibangun merupakan persemaian semi-permanen yang dilengkapi oleh screen house, sistem pengairam semi otomatis, dan bedeng aklimatisasi. Pemasangan instalasi persemaian ini didukung oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb).

PROGRESS: 99%

Selasa, 21 Januari 2020

[Persiapan Media & Pengisian Bibit]

Proses persipan media dan pengisian bibit ini dilakukan oleh warga desa sekitar kawasan. Hingga saat ini sudah hampir setengah dari Screen House terisi oleh bibit Saninten (Castanopsis argentea).

Kamis – Senin, 16-20 Januari 2020

[Pemasangan Insect Net & Pengisian Bibit]

Pemasangan tahap akhir dari insect net ini dilakukan pada tanggal 16-20 Januari 2020. Seluruh insect net sudah terpasang dan persemaian siap untuk digunakan.

Selain insect net terdapat pembuatan sungkup yang akan digunakan untuk bedeng tabur. Bedeng tabur ini digunakan untuk proses perubahan dari biji ke benih.

Pekerjaan terakhir yang terjadi di minggu ini adalah pengadaan bibit Saninten (Castanopsis argentea). Bibit saninten ini merupakan bibit cabutan yang bersumber dari hutan di kawasan TBMK. Jumlah polytube yang sudah terisi bibit Saninten berjumlah 3050 buah. Saninten ini termasuk dalam kelompok tumbuhan Endangered di redlist IUCN.

Kamis, 09 Januari 2020

[Persiapan Pengisian Bibit]

Polytube dan rak sudah dicuci, dibersihkan dan dikeringkan untuk menghindari hama penyakit. Selanjutnya rak ditata. Sementara itu media tanam (campuran kompos, pupuk hijau dan humus) sedang disiapkan. Demikian juga bibit sedang dipesan ke tim pencarian benih. Direncanakan akan disemai 3 jenis pohon kayu khas Jawa Barat yaitu Gadog (Bischofia javanica), Saninten (Castanopsis argentea) dan Manglid (Manglietia glauca).

Sementara itu pengerjaan menjahit insect net akan segera diteruskan pada minggu ini.

Senin-Rabu, 16-18 Desember 2019

[Pasang Paving dan Cat Rangka Toren]

Senin hingga Rabu ini tim lapangan mengerjakan pemasangan paving seluas 33 meter persegi dan pengecatan rangka toren. Terdapat beberapa kendala dikegiatan-kegiatan ini, diantaranya cuaca yang tidak menentu. Sudah 3 hari ini TBMK diguyur hujan setiap 10 menit sekali, sehingga pekerjaan lapangan terutama pengecatan rangka toren cukup terhambat.

Minggu, 15 Desember 2019

[Peninjauan oleh Pak PLT. Sekda Propinsi Daud Achmad dan Bu Desi dari bank bjb]

Minggu ini ada peninjauan lapangan dari PLT. Sekda Propinsi ( Pak Daud Achmad) dan perwakilan dari bank bjb (Bu Desi). Tinjauan kali ini didampingi oleh Kang Echo, Kang Ipong, Teh Santi, Kang Petot serta Ayu dari manajemen TBMK dan tim persemaian.

Tujuan tinjauan kali ini untuk melihat progress dari pemasangan instalasi persemaian semi-permanent yang didukung oleh bank bjb. Secara umum Pak Daud Achmad dan Bu Desi puas dengan progress dan kualitas dari pemasangan instalasi persemaian ini. Pak Daud dan Bu Desi juga berkomentar bahwa persemaian ini merupakan persemaian yang tergolong mewah.

Rabu, 12 Desember 2019

[Sistem Pengairan sudah 100%, Pondasi dan Pembatas 100%, Pemasangan Insectnet 40%]

Hingga rabu ini pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh tim lapangan melipti pemasangan sistem pengairan di screen house.

Selain sistem pengairan terdapat pemasangan pondasi dan pembatas serta pemasangan insect net. Area meja screen house menggunakan batu split dan rencananya untuk mobilisasi pengunjung dan alat, akan dipasang paving di tengah area screen house. Pemasangan insectnet baru meliputi dinding samping dari screen house.

Sabtu, 7 Desember 2019

[Pondasi]

Hari ini tim lapangan mengerjakan pondasi dan pembatas screen house menggunakan beton dan baja ringan.

Rabu, 4 Desember 2019

[Toren Sudah Terpasang]

Rabu ini pengerjaan memasang toren menjadi fokus utama. Tim lapangan sudah berhasil memasang toren dengan ketinggian rangka kurang lebih 6 meter.

Selasa, 3 Desember 2019

[Rangka Toren Sudah Berdiri]

Selasa ini rangka toren sudah berdiri dan siap untuk dipasang toren. Selain pengerjaan rangka toren, pengerjaan sistem pengairan sudah mencapai 80%.

Senin, 2 Desember 2019

[Pemasangan Sistem Pengairan dan Gerbang]

Mang Mbu dan Tim Lapangan hingga hari ini sudah melakukan pemasangan pipa untuk sistem pengairan dan gerbang dari instalasi persemaian semi-permanen.

Sabtu, 30 November 2019

[Tim Lapangan Kembali Naik]

Mang Mbu selaku mandor hari ini naik ke TBMK untuk meneruskan pekerjaan pemasangan instalasi persemaian.

Rencananya Mang Mbu dan Tim Lapangan akan berada di TBMK selama 7 hari. List pekerjaan selama 7 hari meliputi, pemasangan sistem pengairan, pemasangan instalasi listrik, pemasangan insectnet dan pemasangan gerbang.

Sabtu, 23 November 2019

[Cek Progress dan Air]

Sabtu ini Yusuf naik ke lapangan untuk melihat progress. Seluruh meja screen house sudah dirakit, pengerjaan pondasi untuk toren di area rumah rusa sudah mulai dikerjakan.

Pengecekan air untuk operasional persemaian nantinya berasal dari sumur bor yang berada di rumah rusa. Hasil pengecekan terlihat air jernih dan tidak terdapat kotoran yang berpotensi mengganggu sistem pengairan di persemaian nantinya.

Kamis, 21 November 2019

[Screen House Sudah Berdiri]

Hingga hari ini pengerjaan lapangan sudah sampai tahap pendirian screen house. Pengerjaan lapangan yang sudah dilaksanakan meliputi perakitan rangka screen house, perakitan meja screen house, hingga perakitan rangka toren.

Pekerjaan selanjutnya yang harus dilakukan di lapangan adalah pemasangan insectnet, pemasangan sistem perairan, pembuatan bedeng aklimatisasi, serta pemasangan paving.

Sabtu, 16 November 2019

[Cek Progress Lapangan]

Kang Oktav dan Kang Tama sabtu ini melakukan pengecekan lapangan pemasangan instalasi persemaian semi-permanen. Setelah sampai di lokasi, tim (Kang Oktav, Kang Tama, Mang Mbu) melakukan rapat koordinasi tentang pemasangan instalasi ini.

Lahan persemaian yang belum pasti membuat rangka screen house yang sudah hampir rampung diletakan di lahan alternatif (kandang karantina).

Kamis, 14 November 2019

[Perakitan Meja Screen House]

Pekerjaan lapangan untuk kamis ini adalah perakitan meja screen house.

Kamis ini manajemen (Kang Echo) membawa dokumen batas desa untuk memperjelas mengenai batas kawasan antara desa dan TBMK.

Rabu, 13 November 2019

[Perakitan Screen House di Komplek Rumah Rusa]

Rabu pagi ini Mang Mbu naik ke KW untuk mulai melakukan pengerjaan lapangan. Pengerjaan lapangan kali ini meliputi persiapan lahan hingga perakitan screen house. Kondisi lapangan yang tidak menentu membuat para pekerja hanya dapat melakukan perakitan screen house di komplek rumah rusa.

Terdapat kendala dari persiapan lahan yang direncanakan, yaitu batas desa dan batas kawasan yang masih belum jelas. Dengan ketidakjelasan batas kawasan, maka tim akan melakukan kajian ulang mengenai lahan yang siap untuk pemasangan persemaian ini.

Kamis, 7 November 2019

[Pengangkutan Rangka dan Cek Lahan]

Pada Kamis ini Tim melakukan pemindahan rangka Screen House, Meja, dan Toren dari workshop (Apel) ke KW. Anggota Tim yang ikut ke KW terdiri dari Kang Oktav, Mang Mbu, Kang Tama dan Yusuf. Proses pengangkutan ini menggunakan truk sedang, karena jika menggunakan mobil operasional milik manajemen akan memerlukan 2 hingga 3 kali angkut.

proses loading barang

Tim berangkat dari Apel sekitar pukul 9.30 pagi dan sampai di KW sekitar jam 12.00. Sesampainya di KW, tim langsung melakukan unloading barang di komplek rumah rusa.

Setelah seluruh barang sudah turun dan dicek, tim melakukan pengukuran langsung di lapangan untuk memastikan apakah desain yang sudah dibuat dapat diaplikasikan atau tidak.

Kegiatan terakhir yang dilakukan tim di KW adalah koordinasi bersama pihak WPU mengenai waktu dan tempat. Tim bersama Kang Echo melakukan koordinasi mengenai timeline dan penimbunan tanah hasil galian.

Selasa, 5 November 2019

[Pemaparan Progress]

Pemaparan dilakukan pada rapat rutin manajemen pengelola TBMK (selasaan). Tim persemaian memberikan pemaparan kepada manajemen TBMK mengenai apa saja yang sudah dilakukan, total pengeluaran hingga saat ini, perubahan-perubahan desain, kendala, serta alternatif lokasi persemaian.

Kamis, 31 Oktober 2019

[Survey Alternatif Lahan]

Dikarenakan hingga saat ini tim masih belum mendapatkan kepastian mengenai batas kawasan dan rencana pembangunan empang, maka tim memutuskan untuk menentukan alternatif lahan yang bisa digunakan sebagai pemasangan instalasi persemaian ini.

peta alternatif lahan

Keterangan:
1- merupakan lokasi awal persemaian
2- alternatif pertama, berada di samping rumah rusa, tepatnya di area kandang 9 hektar
3- alternatif kedua, berada di kandang karantina

Masing-masing lahan memiki kelebihan dan kekurangan. Perlu pertimbangan yang matang sebelum memutuskan lahan mana yang akan digunakan untuk persemaian ini.

25 Oktober – 4 November 2019

[Pembuatan Rangka Screen House, Meja Polytube, dan Rangka Toren]

Kamis, 24 Oktober 2019

[Pembelian Bahan & Survey Lahan]

Kamis ini tim dibagi menjadi 2. Tim pertama (Kang Tama & Yusuf) bertugas membeli bahan persemaian, tim kedua (Kang Oktav & Mang Mbu *Tatang) bertugas ke lapangan untuk koordinasi dengan WPU.

bahan persemaian yang sudah dibeli

Rabu, 23 Oktober 2019

[Finalisasi Bahan Rangka]

rapat tim

Hasil rapat kali ini adalah finalisasi jumlah pipa galvanis ukuran 1,5inc, 1,25inc, dan 1inc yang akan dibeli dan jumlah besi siku 4 dan 5 yang akan dibuat meja dan rangka toren.

Senin, 21 Oktober 2019

[Revisi Desain]

rapat tim

Hasil survey lapangan pada Kamis, 17 Oktober 2019 mengharuskan tim untuk membuat desain baru. Selain pembahasan mengenai desain, rapat kali ini membahas mengenai hasil survey besi yang dilakukan dihari-hari sebelumnya.

Kamis, 17 Oktober 2019

[Permasalahan Lahan]

Kang Oktav bersama Kang Tama melakukan survey lapangan untuk memastikan batas kawasan. Letak rencana persemaian berada di dekat batas kawasan antara lahan milik TBMK dan lahan milik desa. Lahan desa yang berbatasan dengan rencana persemaian akan dijadikan empang (retention pond). Rencana pemasangan instalasi persemaian dan pembangunan empang dilakukan pada waktu yang hampir bersamaan.

diskusi pengenai batas kawasan di rumah rusa

Dokumen batas kawasan yang belum jelas menjadi kendala bagi kami dalam penentuan batas kawasan ini. Pada akhirnya Tim persemaian bersama WPU (kontraktor empang) akan melakukan koordinasi lebih lanjut mengenai batas kawasan tersebut.

Selain itu, tim menemukan adanya pohon jabon yang berada tepat di rencana area screen house. Oleh karena itu perlu revisi desain untuk penyesuaian keberadaan pohon jabon tersebut.

Senin, 14 Oktober 2019

[Progress Desain]

rapat tim

Pembahasan mengenai detail desain persemaian, material yang digunakan dan spesifikasinya, serta penentuan flow pengunjung.

Flow pengunjung ini penting untuk diperhitungkan, karena selain sebagai sarana penyiapan bibit tanaman, persemaian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana edukasi bagi pengunjung.

desain persemaian

Kamis, 10 Oktober 2019

[Pengenalan Tim dan Briefing Awal]

Pertemuan pertama dibuka oleh Kang Echo selaku manajer TBMK. Kang Echo menjelaskan secara umum mengenai program pemasangan instalasi persemaian semi-permanen di TBMK dan mengenalkan orang-orang yang akan terlibat didalamnya.

Tim Persemaian Semi-Permanent Tanaman Hutan Khas Jawa Barat:
Project Manager: Oktav Phassa
Production Manager: M. Ismail Pratama
Supervisor Admin: Ayu Bianti Pribadi
Prucesher dan Admin: Yusuf Nugraha Andrian
Mandor dan Engineer: Tatang Eka Jaya

briefing awal tim persemaian


Selantujnya briefing awal dipimpin oleh Kang Oktav selaku Project Manager. Briefing ini membahas tentang detail desain, timeline, dan media yang akan kita gunakan untuk pembibitan.

desain awal persemaian


Project Name

A description of the project and the works presented.


Let’s build something together.