Persemaian Semi-Permanen

Jurnal Persemaian Semi-Permanan TB. Masigit Kareumbi

Persemaian merupakan tempat/area khusus yang diperuntukan untuk memproduksi benih menjadi bibit siap tanam. Persemaian yang akan dibangun merupakan persemaian semi-permanen yang dilengkapi oleh screen house, bedeng aklimatisasi, serta gubuk kerja. Pemasangan instalasi persemaian ini didukung oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb).

PROGRESS: 50%

Sabtu, 16 November 2019

[Cek Progress Lapangan]

Kang Oktav dan Kang Tama sabtu ini melakukan pengecekan lapangan pemasangan instalasi persemaian semi-permanen. Setelah sampai di lokasi, tim (Kang Oktav, Kang Tama, Mang Mbu) melakukan rapat koordinasi tentang pemasangan instalasi ini.

Lahan persemaian yang belum pasti membuat rangka screen house yang sudah hampir rampung diletakan di lahan alternatif (kandang karantina).

Kamis, 14 November 2019

[Perakitan Meja Screen House]

Pekerjaan lapangan untuk kamis ini adalah perakitan meja screen house.

Kamis ini manajemen (Kang Echo) membawa dokumen batas desa untuk memperjelas mengenai batas kawasan antara desa dan TBMK.

Rabu, 13 November 2019

[Perakitan Screen House di Komplek Rumah Rusa]

Rabu pagi ini Mang Mbu naik ke KW untuk mulai melakukan pengerjaan lapangan. Pengerjaan lapangan kali ini meliputi persiapan lahan hingga perakitan screen house. Kondisi lapangan yang tidak menentu membuat para pekerja hanya dapat melakukan perakitan screen house di komplek rumah rusa.

Terdapat kendala dari persiapan lahan yang direncanakan, yaitu batas desa dan batas kawasan yang masih belum jelas. Dengan ketidakjelasan batas kawasan, maka tim akan melakukan kajian ulang mengenai lahan yang siap untuk pemasangan persemaian ini.

Kamis, 7 November 2019

[Pengangkutan Rangka dan Cek Lahan]

Pada Kamis ini Tim melakukan pemindahan rangka Screen House, Meja, dan Toren dari workshop (Apel) ke KW. Anggota Tim yang ikut ke KW terdiri dari Kang Oktav, Mang Mbu, Kang Tama dan Yusuf. Proses pengangkutan ini menggunakan truk sedang, karena jika menggunakan mobil operasional milik manajemen akan memerlukan 2 hingga 3 kali angkut.

proses loading barang

Tim berangkat dari Apel sekitar pukul 9.30 pagi dan sampai di KW sekitar jam 12.00. Sesampainya di KW, tim langsung melakukan unloading barang di komplek rumah rusa.

Setelah seluruh barang sudah turun dan dicek, tim melakukan pengukuran langsung di lapangan untuk memastikan apakah desain yang sudah dibuat dapat diaplikasikan atau tidak.

Kegiatan terakhir yang dilakukan tim di KW adalah koordinasi bersama pihak WPU mengenai waktu dan tempat. Tim bersama Kang Echo melakukan koordinasi mengenai timeline dan penimbunan tanah hasil galian.

Selasa, 5 November 2019

[Pemaparan Progress]

Pemaparan dilakukan pada rapat rutin manajemen pengelola TBMK (selasaan). Tim persemaian memberikan pemaparan kepada manajemen TBMK mengenai apa saja yang sudah dilakukan, total pengeluaran hingga saat ini, perubahan-perubahan desain, kendala, serta alternatif lokasi persemaian.

Kamis, 31 Oktober 2019

[Survey Alternatif Lahan]

Dikarenakan hingga saat ini tim masih belum mendapatkan kepastian mengenai batas kawasan dan rencana pembangunan empang, maka tim memutuskan untuk menentukan alternatif lahan yang bisa digunakan sebagai pemasangan instalasi persemaian ini.

peta alternatif lahan

Keterangan:
1- merupakan lokasi awal persemaian
2- alternatif pertama, berada di samping rumah rusa, tepatnya di area kandang 9 hektar
3- alternatif kedua, berada di kandang karantina

Masing-masing lahan memiki kelebihan dan kekurangan. Perlu pertimbangan yang matang sebelum memutuskan lahan mana yang akan digunakan untuk persemaian ini.

25 Oktober – 4 November 2019

[Pembuatan Rangka Screen House, Meja Polytube, dan Rangka Toren]

Kamis, 24 Oktober 2019

[Pembelian Bahan & Survey Lahan]

Kamis ini tim dibagi menjadi 2. Tim pertama (Kang Tama & Yusuf) bertugas membeli bahan persemaian, tim kedua (Kang Oktav & Mang Mbu *Tatang) bertugas ke lapangan untuk koordinasi dengan WPU.

bahan persemaian yang sudah dibeli

Rabu, 23 Oktober 2019

[Finalisasi Bahan Rangka]

rapat tim

Hasil rapat kali ini adalah finalisasi jumlah pipa galvanis ukuran 1,5inc, 1,25inc, dan 1inc yang akan dibeli dan jumlah besi siku 4 dan 5 yang akan dibuat meja dan rangka toren.

Senin, 21 Oktober 2019

[Revisi Desain]

rapat tim

Hasil survey lapangan pada Kamis, 17 Oktober 2019 mengharuskan tim untuk membuat desain baru. Selain pembahasan mengenai desain, rapat kali ini membahas mengenai hasil survey besi yang dilakukan dihari-hari sebelumnya.

Kamis, 17 Oktober 2019

[Permasalahan Lahan]

Kang Oktav bersama Kang Tama melakukan survey lapangan untuk memastikan batas kawasan. Letak rencana persemaian berada di dekat batas kawasan antara lahan milik TBMK dan lahan milik desa. Lahan desa yang berbatasan dengan rencana persemaian akan dijadikan empang (retention pond). Rencana pemasangan instalasi persemaian dan pembangunan empang dilakukan pada waktu yang hampir bersamaan.

diskusi pengenai batas kawasan di rumah rusa

Dokumen batas kawasan yang belum jelas menjadi kendala bagi kami dalam penentuan batas kawasan ini. Pada akhirnya Tim persemaian bersama WPU (kontraktor empang) akan melakukan koordinasi lebih lanjut mengenai batas kawasan tersebut.

Selain itu, tim menemukan adanya pohon jabon yang berada tepat di rencana area screen house. Oleh karena itu perlu revisi desain untuk penyesuaian keberadaan pohon jabon tersebut.

Senin, 14 Oktober 2019

[Progress Desain]

rapat tim

Pembahasan mengenai detail desain persemaian, material yang digunakan dan spesifikasinya, serta penentuan flow pengunjung.

Flow pengunjung ini penting untuk diperhitungkan, karena selain sebagai sarana penyiapan bibit tanaman, persemaian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana edukasi bagi pengunjung.

desain persemaian

Kamis, 10 Oktober 2019

[Pengenalan Tim dan Briefing Awal]

Pertemuan pertama dibuka oleh Kang Echo selaku manajer TBMK. Kang Echo menjelaskan secara umum mengenai program pemasangan instalasi persemaian semi-permanen di TBMK dan mengenalkan orang-orang yang akan terlibat didalamnya.

Tim Persemaian Semi-Permanent Tanaman Hutan Khas Jawa Barat:
Project Manager: Oktav Phassa
Production Manager: M. Ismail Pratama
Supervisor Admin: Ayu Bianti Pribadi
Prucesher dan Admin: Yusuf Nugraha Andrian
Mandor dan Engineer: Tatang Eka Jaya

briefing awal tim persemaian


Selantujnya briefing awal dipimpin oleh Kang Oktav selaku Project Manager. Briefing ini membahas tentang detail desain, timeline, dan media yang akan kita gunakan untuk pembibitan.

desain awal persemaian


Project Name

A description of the project and the works presented.


Let’s build something together.


%d blogger menyukai ini: