Laman ini adalah dokumentasi proses pemasangan aviary (kandang burung) untuk burung merak hijau jawa (Pavo muticus). Aviary ini dibangun untuk mendukung upaya konservasi dan pengembangan habitat burung merak hijau jawa yang langka habitat dan populasinya terutama di Jawa Barat.
Laman di perbaharui secara rutin sesuai dengan laporan lapangan sampai progress mencapai 99%
Tentang Merak Hijau
Merak hijau (Pavo muticus) merupakan burung yang memiliki distribusi mulai dari Assam bagian selatan di India, Burma, Thailand, Indo-China, Malaya dan Jawa (Delacour, 1977). Burung ini memiliki tiga sub-spesies; Pavo muticus imperator (Delacour 1949), Pavo muticus spicifer (Shaw & Nodder 1804) dan Pavo muticus muticus (Linneaus 1758).
Sub-spesies P. spicifer sebarannya terbatas di timur laut India dan tenggara Bangladesh sampai ke barat laut Burma. Sedangkan Pavo muticus imperator penyebaran alaminya mulai dari Thailand sampai Cina selatan, Vietnam dan Laos. Sedangkan sub-spesies terakhir yaitu Pavo muticus muticus atau yang disebut javan green peafowl (merak hijau jawa; MHJ) sebarannya hanya tinggal di pulau Jawa karena telah punah di semenanjung Malaysia.
Di Jawa sendiri, persebaran MHJ sudah sangat terfragmentasi.
King et al. (1980) menjelaskan bahwa habitat MHJ adalah: hutan terbuka, hutan sekunder, hutan ditepian sungai dan bibir hutan. Mackinnon (1990) menyatakan bahwa habitat burung ini terdiri dari hutan terbuka dengan semak belukar. Di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat, MHJ lebih menyenangi area terbuka sebagai tempat bermain dan makan (Hoogerwerf, 1970). Kuroda (1936) menyebutkan MHJ lebih menyukai daerah yang kering di Jawa Timur.
Menurut Hernowo (1965) tipe habitat dari MHJ di Jawa adalah hutan monsoon dataran rendah yang kering dengan petakan savanna dan hutan jati. Saat ini habitat alami MHJ sudah sangat terbatas dan terus berkurang akibat berbagai tekanan.
Permasalahan utamanya adalah tidak terkendalinya perburuan liar terhadap burung dan telurnya yang menyebabkan turunnya populasi dan degradasi habitat. Di TBMK sendiri, tidak pernah ada catatan (resmi) mengenai pertemuan dengan burung Merak. Namun demikian, di kawasan hutan sekitar TBMK yaitu Gn.Tampomas, Buahdua – Sumedang dan Gn. Cikuray, daerah perbatasan antara Garut-Tasik, burung yang sangat indah ini dilaporkan masih dapat ditemukan.
Agak miris apabila kita membuka laman internet dan menemukan bahwa MHJ ini sudah dipelihara bahkan diternak di luar negeri.
Aviary MHJ ini dibangun dengan tujuan untuk edukasi & ilmu pengetahuan, pelestarian spesies dan tentu upaya pemulihan populasi. Apabila populasinya telah pulih, kedepan dapat dimungkinkan untuk dilakukan pemanfaatan secara lestari.
Desember 2020
Penanaman rumput dan penataan habitat.
PROGRESS: 100% – Pemasangan jaring
Sabtu, 31 Oktober 2020
Pemasangan jaring yang telah selesai dipasang. Setelah melewati beberapa tahap dan ada beberapa kendala yang dilalui alhamdulillah ecgo outdoor telah selesai dikerjakan.
PROGRESS: 85% – Penyambungan jaring
Kamis, 22 Oktober 2020
Persiapan penyambungan dan pemasangan jaring , pemasangan jaring terkendala oleh adanya hujan.
PROGRESS: 75% – Tiang dan pintu lorong yang telah selesai dipasang
Kamis, 15 Oktober 2020
Tiang dan pintu lorong yang telah selesai dipasang, dilanjutkan dengan persiapan pemasangan jaring.
PROGRESS: 55% – Persiapan pendirian tiang utama
Selasa, 29 September 2020
Persiapan pendirian tiang utama, dilanjutkan pengangkutan tiang ke lokasi.
Persiapan pengangkutan tiang Pengangkutan tiang ke lokasi Pengangkutan tiang ke lokasi
PROGRESS: 54% – Pembuatan pasak pengait pagar
Senin, 28 September 2020
Pembelanjaan bahan, pembuatan pasak pengait pagar, pengerjaan rangka fondasi anchor dan pengukuran bahan jaring.
Belanja bahan Pembuatan pasak pengait pagar Rangka fondasi anchor Pengukuran bahan jaring
PROGRESS: 52% – Penarikan tiang tujuh ke lokasi pemasangan
Minggu, 27 September 2020
Penarikan tiang tujuh ke lokasi pemasangan.
PROGRESS: 49% – Pengecatan bagian pintu
Sabtu, 26 September 2020
Dempul dan pengecatan bagian pintu.
PROGRESS: 48% – Akses service katrol
Jum’at, 25 September 2020
Penguatan tiang tujuh untuk akses service katrol.
PROGRESS: 47% – Pemasangan tiang utama pagar
Kamis, 24 September 2020
Pemasangan tiang utama pagar yang sudah terpasang semua, dilanjutkan malam hari pembuatan bahan pendukung untuk penguatan tiang tujuh.
PROGRESS: 45% – Persiapan jalur instalasi jaring dan pagar
Rabu, 23 September 2020
Sebagian tiang yang sudah selesai terpasang, ada pun titik tiang yang bermasalah karena kendala kerusakan kontur dan sudah tersolusikan. Dilanjutkan pengecatan dasar empat tiang utama dan tiga tiang dasar pagar yang sudah siap dipasang dan pengecatan kerekan yang sudah selesai dikerjakan, dilanjutkan dengan pengerjaan instalasi lorong pintu yang sudah selesai dikerjakan dan tinggal pengecatan.
Persiapan jalur instalasi jaring dan pagar Sebagian tiang yang sudah terpasang Titik tiang yang bermaslah karena kontur Pengecatan tiang dan kerekan Pengecatan dasar 4 tiang utama dan 3 tiang dasar pagar yang sudah selesai dikerjakan Instalasi lorong pintu yang telah selesai dikerjakan dan tinggal pengecatan
PROGRESS: 42% – Pengecoran Fondasi
Selasa, 22 September 2020
Pengecoran fondasi tiang ke tujuh, malam harinya dilanjutkan pengerjaan di workshop Kelor.
Fondasi tiang ke tujuh Pengerjaan di workshop kelor
PROGRESS: 40% – Pengecoran slope
Senin, 21 September 2020
Pengecoran slope yang hampir selesai dan pengerjaan lereng longsor yang mulai di urug dan dirapikan. Dilanjutkan malam hari dengan pengerjaan pembukuan dan pematangan rencana kerja.
Beberapa cor slope yang sudah mulai selesai dikerjakan Lereng longsor yang mulai di urug merapikan lereng longsor yang diurug
PROGRESS: 37% – Finalisasi posisi Fondasi
Minggu, 20 September 2020
Finalisasi posisi fondasi, malam harinya dilanjutkan pengerjaan di workshop Kelor.
PROGRESS: 35% – Memulai tahap pengecoran fondasi
Sabtu, 19 September 2020
Dimulai pengecoran fondasi di lokasi aviary merak, malam harinya dilanjutkan dengan pengerjaan rangka anchor dan penambalan ban mobil yang bocor.
PROGRESS: 33% – Pengerjaan di workshop Kelor
Jum’at, 18 September 2020
Pengerjaan di workshop Kelor sampai malam.
PROGRESS: 32% – Pengecekan dari management TBMK
Kamis, 17 September 2020
Pengecekan management TBMK ke lokasi aviary merak, dilanjutkan dengan pengerjaan di workshop kelor sampai malam.
PROGRESS: 31% – Pengerjaan masih dilanjutkan di workshop kelor
Rabu, 16 September 2020
Pengerjaan fisik tiang utama yang sebagian telah selesai dikerjakan, malam harinya dilanjutkan dengan pengerjaan kerekan tambang jaring.
PROGRESS: 29% – Pengerjaan lanjutan di workshop kelor
Selasa, 15 September 2020
Pengerjaan di kelor, sementara sebagian tim sedang belanja alat dan bahan tambahan.
PROGRESS: 28% – Pengangkutan rangka fondasi ke lapangan
Senin, 14 September 2020
Pengangkutan rangka fondasi ke lapangan beserta pengerjaannya, dilanjutkan dengan pengerjaan pembentukan jalur air.
Pengangkutan rangka ke lapangan Pengerjaan pembentukan jalur air
PROGRESS: 26% – Pengerjaan rangka fondasi dan fisik rangka kandang
Minggu, 13 September 2020
Pengerjaan rangka fondasi dan fisik rangka kandang, siangnya dilanjutkan pengerjaan di lapangan.
PROGRESS: 25% – Jalur akses dan membuat sumber air
Sabtu, 12 September 2020
Pengerjaan akses jalan ke aviary, landcape kandang, berkubang membuat sumber air, trossing dilanjutkan dengan pembuatan rangka sloop baja serta mengulik kerekan tali kandang.
Akses jalan ke aviary merak Landcape kandang Berkubang membuat sumber air Trossing Membuat rangka sloop baja Mengulik kerekatan tali tiang
PROGRESS: 23% – Pengerjaan fondasi
Jum’at, 11 September 2020
Pengerjaan struktur kandang, struktur dasar empat tiang utama sudah selesai dikerjakan, pada malam harinya dilanjutkan dengan pengerjaan fondasi trossfall, fondasi sloop dan pengerjaan tangga tiang dan lorong.
Empat tiang utma yang sudah selesai dikerjakan
PROGRESS: 18% – Pengecekan struktur tanah
Kamis, 10 September 2020
Pengecekan tross struktur tanah, ternyata muka air terlalu tinggi sehingga perlu penyesuaian bangunan fondasi kandang, dilanjutkan dengan pengangkutan material bahan bangunan untuk fondasi. Pada malam harinya dilanjutkan dengan pembuatan tiang fondasi kandang.
Pengecekan tross struktur tanah Pengangkutan material bahan bangunan Pembuatan tiang fondasi
PROGRESS: 15% – Pembersihan lahan
Rabu, 9 September 2020
Persiapan lahan yang sudah dibersihkan dari gulma dan penetapan titik-titik patokan instalasi.
PROGRESS: 12% – jalur akses
Selasa, 8 September 2020
Pembukaan jalur akses jalan dan jaluran pagar serta fiksasi rencana desain lapangan yaitu persiapan pembukaan lahan untuk aviary merak, dilanjutkan dengan pekerjaan struktur pada siang dan malam hari di workshop Bumi Kelor.
pengukuran desain lapangan pembukaan jalur akses jalan
PROGRESS: 10% – Mob Demob
Senin, 7 September 2020
Pembelian alat dan bahan utama serta mobilisasi ke titik workshop di Bumi Kelor.
PROGRESS: 5% – contract
Jum’at, 4 September 2020
Surat Perintah Kerja telah dibuat, waktu pengerjaan Instalasi Aviary Merak Hijau adalah 21 hari kalender sejak tanggal September 2020, dan dapat diperpanjang melalui kesepakatan para pihak yang tertuang dalam addendum SPK.
Komentar Terbaru