Oleh: officetbmk | 2 Desember 2015

Kegiatan “Back To Nature” DHL Ajak Anak-Anak Dari SOS Children’s Village

Pada tanggal 3-4 Oktober 2015 kemarin telah dilaksanakan kegiatan “Back To Nature” yang diselenggaralan oleh perusahaan paket skala internasional DHL dengan mengajak anak-anak dari SOS Children’s Village Lembang sebagai fokus kegiatan selama di Kareumbi. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah mengembalikan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkugan dan bagaimana menghargai alam dengan mengimplementasikan tindakan yang pro lingkungan.

Menurut salah satu panitia penyelenggara acara ini, Kareumbi dirasa sangat mendukung dalam tujuan dilaksanakannya kegiatan ini karena kareumbi mempunyai program walipohon yang merupakan salah satu tindakan nyata yang pro terhadap lingkungan.

Setiba di Kareumbi pada sore hari, anak-anak tidak hanya diberikan wawasan mengenai lingkungan tetapi diajak bagaimana cara menjaga lingkungan dengan simulasi-simulasi yang di berikan oleh panitia penyelenggara. Anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok, lalu diberikan simulasi dalam menjaga lingkungan. Tak hanya simulasi, ada beberapa games yang diselipkan dalam acara ini agar anak-anak tidak menjadi bosan selama berkegiatan.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini memberikan kesan yang mendalam bagi beberapa peserta kegatan dan panitianya itu sendiri.

“Disini sejuk, dingin dan udaranya masih enak buat dihirup. Jarang-jarang nemu kayak begini di kota-kota besar.” Ucap Syahira, salah seorang panitia penyelenggara.

Dihari kedua, anak-anak diajak berkunjung ke penangkaran rusa yang dikelola oleh manajemen Kareumbi. Di sini juga dijelaskan mengenai rusa timorensis dan habitat rusa itu sendiri, para peserta juga diajak berinteraksi langsung dengan rusa. Ini merupakan pengalaman yang jarang ditemui oleh beberapa orang yang notabennya tinggal di kota-kota besar.

Setelah melihat habitat rusa, peserta kegiatan diajak bermain games dan berkunjung ke desa enklav Kareumbi, Cigumentong. Tak hanya berkunjung, peserta juga diajak makan siang di pendopo desa lalu bersiap kembali ke basecamp untuk melaksanakan penanaman simbolik walipohon. Penanaman ini menjadi acara yang paling dinanti karena merupakan aplikasi dari teori yang diberikan dihari sebelumnya. Anak-anak yang merupakan fokus kegiatan acara ini tampak begitu antusias melakukan penanaman. Tak lupa perwakilan dari manajemen memberikan penjelasan dari program walipohon ini. Setelah itu, sebelum pulang perwalian peserta diberikan tanda mata berupa sertifikat walipohon yang merupakan hak bagi setiap pendonasi walipohon.

Hari menjelang sore, peserta dan panitia kegiatan bersiap menuju kendaraan yang akan membawa ke rumah mereka masing-masing dengan membawa kenangan selama berkegiatan di Kareumbi. Terima Kasih rombongan DHL sudah berkunjung di Kareumbi, ditunggu kunjungan berikutnya.

Bandung, 20 Oktober 2015

Mia Rachmawati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: